Selasa, 26 Mar 2019 05:02 WIB

Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang Tahu

Niken Widya Yunita - detikHealth
Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang Tahu/Foto: iStock Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang Tahu/Foto: iStock
Jakarta - Bunga matahari sangat indah warnanya. Tanaman hias yang cukup banyak penggemarnya.

Ukuran bunga ini besar dan bentuknya menyerupai matahari. Warna bunga yakni kuning menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Bunga matahari ini dapat hidup di dataran rendah ataupun tinggi yang mendapat sinar matahari yang cukup.

Tahukah kamu, bunga matahari terutama bijinya kaya akan lemak, beberapa vitamin, dan mineral. Biji bunga matahari juga kerap dijadikan campuran roti gandum dan cemilan.

Nutrisi tersebut dapat berperan dalam mengurangi risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Berikut manfaat bunga matahari.
1. Peradangan

Bunga matahari terutama pada bijinya dapat mengurangi peradangan. Sebab biji bunga matahari terdapat flavonoid dan senyawa tanaman lain.

2. Kurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Senyawa dalam biji bunga matahari mencegah enzim yang menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sebagai hasilnya, biji bunga matahari dapat membantu pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah. Magnesium dalam biji bunga matahari juga membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Selain itu, biji bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat. Tubuh menggunakan asam linoleat untuk membuat senyawa seperti hormon yang melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga membantu menurunkan kolesterol.

3. Diabetes

Orang yang mengonsumsi 30 gram biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah sekitar 10% dalam enam bulan. Efek penurun gula darah dari biji bunga matahari disebabkan oleh asam klorogenat senyawa tanaman.

Menambahkan biji bunga matahari ke makanan seperti roti dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah kamu. Protein dan lemak biji memperlambat waktu pengosongan perut dan memungkinkan pelepasan gula dari karbohidrat secara bertahap.

4. Kaya Omega 6

Manfaat Bunga Matahari yang Belum Banyak Orang TahuFoto: Isal Mawardi-detikcom

Bunga matahari kaya akan Omega 6. 1 Sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan Omega 6.

5. Diet

Bagian biji pada bunga matahari ini juga dapat dikonsumsi sebagai santapan diet. Kandungan protein nabati dan serat yang terdapat pada bunga matahari ini mampu mengontrol rasa lapar. Kamu pun akan mudah kenyang dibanding mengonsumsi hidangan yang mengandung karbohidrat atau lemak.



6. Untuk Kecantikan

Bunga matahari pada bijinya dapat menghasilkan minyak. Minyak itu biasanya digunakan untuk kecantikan seperti perawatan wajah, rambut, dan kulit.

Minyak pada biji bunga matahari ini juga baik dikonsumsi untuk campuran salad. Selain itu mengandung asam linoleat yang bagus untuk tubuh.


7. Minuman

Bunga matahari dapat digunakan sebagai minuman herbal. Rebus kelopak bunga matahari atau campur ke dalam teh. Kelopak bunga matahari dapat digunakan sebagai campuran minuman untuk meringankan sakit kepala, radang payudara dan sebagainya. (nwy/up)