Selasa, 26 Mar 2019 05:19 WIB

Manfaat Baking Soda, Bukan Hanya untuk Kue

Niken Widya Yunita - detikHealth
Manfaat Baking Soda, Bukan Hanya untuk Kue/Foto: iStock Manfaat Baking Soda, Bukan Hanya untuk Kue/Foto: iStock
Jakarta - Baking soda atau soda kue banyak digunakan untuk membuat kue. Kue akan mengembang jika memakai baking soda.

Tapi tahukah kamu soda kue memiliki manfaat untuk kesehatan? Berikut manfaat dan penggunaan baking soda.



1. Obat Mulas

Mulas merupakan rasa sakit yang muncul di daerah atas perut. Beberapa penyebab umum refluks adalah makan berlebihan, stres, dan makan makanan berminyak atau pedas.

Baking soda dapat membantu mengobati mulas dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dan minumlah campuran itu perlahan-lahan.

2. Obat Kumur

Obat kumur baik untuk kebersihan mulut. Dengan kumur, kamu dapat menghilangkan noda di celah gigi, gusi, dan lidah yang mungkin terlewatkan saat sikat gigi.

Baking soda banyak digunakan sebagai obat kumur. Setelah kumur-kumur dengan baking soda, napas menjadi segar.


3. Atasi Sariawan

Baking soda sangat bagus untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Bilas mulut kamu dengan campuran baking soda dan air sekali sehari sampai sariawan sembuh.



4. Memutihkan Gigi

Baking soda populer untuk kecantikan yakni memutihkan gigi. Pasta gigi yang mengandung baking soda dapat memutihkan gigi dan menghilangkan plak.

Hal ini karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang membiarkannya memutus ikatan molekul yang menodai gigi. Baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya.

5. Deodoran

Sebenarnya keringat manusia tidak berbau. Keringat dapat menjadi bau setelah bercampur dengan bakteri di ketiak. Bakteri ini mengubah keringat menjadi produk limbah asam yang mengeluarkan bau.

Baking soda dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya tidak terlalu asam. Cobalah taburi baking soda ke ketiak dan kamu akan melihat perbedaannya.

6. Suplemen

Baking soda adalah suplemen yang populer di kalangan atlet. Baking soda dapat membantu kamu tampil lebih lama, terutama selama latihan seperti pelatihan dengan intensitas tinggi dan lari cepat.

Baking soda memiliki pH tinggi, yang dapat membantu menunda kelelahan, memungkinkan kamu berolahraga lebih lama.

7. Meringankan Kulit Gatal dan Berjemur

Mandi dengan baking soda sering disarankan untuk mengatasi kulit yang gatal. Mandi ini sangat efektif untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah.

Selain itu, baking soda dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat terbakar sinar matahari.

8. Mengobati Kapalan

Kapalan pada kulit menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Merendam bagian tubuh yang terkena kapalan dengan baking soda dapat membantu melunakkannya, menghilangkan sisik, dan mengurangi rasa tidak nyaman.

10. Menetralisir Bau Kulkas

Pernahkah kamu membuka lemari es dan mencium bau busuk? Kemungkinannya adalah beberapa makanan di lemari es telah melebihi batas waktu dan mulai rusak. Bau busuk ini mungkin bertahan lama setelah mengosongkan lemari es dan membersihkannya dengan seksama. Nah, baking soda dapat membantu menyegarkan lemari es yang bau dengan menetralisir bau tak sedap.

11. Pembersih Kamar Mandi Serbaguna

Kamar mandi bisa sulit dibersihkan. Mereka memiliki berbagai permukaan yang sering digunakan dan karenanya perlu sering dibersihkan.

Sementara berbagai pembersih kamar mandi komersial tersedia, banyak orang lebih memilih opsi pembersihan yang lebih alami dan hemat biaya. Baking soda sangat berguna karena memutihkan dan mensterilkan banyak permukaan kamar mandi.

12. Bersihkan Buah dan Sayuran

Banyak orang khawatir tentang pestisida pada makanan. Pestisida digunakan untuk mencegah tanaman dari kerusakan oleh serangga, kuman, tikus dan gulma.

Mengupas buah adalah cara terbaik untuk menghilangkan pestisida. Namun, itu juga berarti kamu tidak mendapatkan nutrisi penting, seperti serat, vitamin dan mineral, yang terdapat di kulit buah.

Yang menarik, merendam buah-buahan dan sayuran dalam pencucian soda kue adalah cara paling efektif untuk menghilangkan pestisida tanpa mengupasnya. Merendam buah dalam larutan baking soda dan air selama 12-15 menit menghilangkan pestisida.

13. Pewangi Sepatu

Sepatu yang bau adalah masalah yang bisa sangat memalukan. Untungnya, baking soda dapat membuat sepatu yang bau.

Tuang dua sendok makan baking soda ke dalam dua kain tipis atau potongan kain tipis. Ikat kain dengan karet gelang atau tali dan letakkan di setiap sepatu.

Selamat mencoba ya! (nwy/up)
News Feed