Selasa, 26 Mar 2019 10:34 WIB

Ahmad Dhani Sampai Pakai Kruk, Ini yang Terjadi Saat Asam Urat Kambuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Serangan asam urat yang dialami Ahmad Dhani membuatnya harus menggunakan alat bantu. (Foto: Deny Prastyo Utomo) Serangan asam urat yang dialami Ahmad Dhani membuatnya harus menggunakan alat bantu. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Ahmad Dhani dikabarkan harus mendapat perawatan akibat asam uratnya yang kambuh saat mendekam di penjara Rutan Klas I Surabaya. Akibatnya, Dhani sampai tak bisa bangun dan ketika berjalan mengandalkan alat bantu.

"Sakitnya nyeri gitu. Kemarin sempet gak bisa bangun. Kencing itu gak sampai kamar mandi. Jalan juga harus pakai bantuan kruk," kata pengacara Dhani, Sahid, kepada detikcom, Selasa (26/3/2019).



Serangan asam urat (uric acid) atau gout adalah penyakit yang menyerang radang sendi. Kondisi ini bersifat umum karena dapat mengenai siapa saja. Asam urat biasanya ditandai dengan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, terjadi pembengkakan, kemerahan dan nyeri pada sendi bagian kaki.


Dikutip dari Mayo Clinic, serangan asam urat yang tiba-tiba ini akan sangat mengganggu dan biasanya terjadi di malam hari. Ketika kambuh, sendi yang terkena asam urat akan terasa panas dan bengkak.

Asam urat sebagian besar mempengaruhi sendi di bagian ibu jari kaki, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menyerang bagian lainnya. Sendi yang sering terkena lainnya termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, dan pergelangan tangan.

Rasa sakit akibat asam urat akan berangsur-angsur menghilang, namun rasa sakit paling parah dan terasa akan terjadi dalam empat sampai 12 jam pertama. Setelah rasa sakit mereda, ketidaknyamanan sendi akan tetap berlangsung selama beberapa hari.

Saat asam urat menyerang, seseorang mungkin tidak dapat menggerakkan sendi secara normal sehingga mengganggu aktivitas hariannya.



Simak Juga "Derita Ahmad Dhani di Penjara, Sakit dan Kangen Anak":

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
News Feed