Selasa, 26 Mar 2019 11:26 WIB

Kenali Penyebab Asam Urat Agar Tidak Kambuh Seperti Ahmad Dhani

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penyebab asam urat bisa beragam. (Foto: Deny Prastyo Utomo) Penyebab asam urat bisa beragam. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta - Pemicu asam urat (uric acid) bisa saja beragam di setiap orang. Dalam beberapa kasus, pemicu asam urat bisa pada makanan seperti seafood atau alkohol, tapi ada juga yang karena diet.

"Bagi sebagian orang, makanan tertentu akan memicu. Tapi sebagian yang lain mengeluh asam urat kambuh karena stres atau dehidrasi," kata praktisi kedokteran di Duke University School of Medicine, Robert T Keenan, MD, MPH, dikutip dari WebMD.

Meskipun masih belum bisa dideteksi secara pasti, ada beberapa hal yang cenderung memicu serangan asam urat atau gout. Jika memiliki riwayat asam urat, disarankan untuk menghindari pemicu sebagai berikut:

1. Makanan tinggi zat purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat seperti hati, sarden, ikan teri, kerang, salmon, bahkan beberapa sayuran salah satunya bayam.

2. Bir dan minuman keras dapat memicu peningkatan asam urat dalam darah sehingga memicu kambuh. Alkohol juga bisa menjadi sangat buruk karena menyebabkan dehidrasi, pemicu asam urat lainnya.



3. Beberapa obat yang digunakan untuk kondisi medis seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau serangan jantung dapat memicu asam urat. Beberapa jenisnya mungkin termasuk diuretik, beta-blocker, dan siklosporin. Bahkan aspirin dosis rendah dapat menyebabkan serangan.

4. Minuman manis juga bisa menjadi salah satu pemicu. Jangan banyak minum minuman manis yang mengandung fruktosa.

5. Riwayat keluarga. Jika terdapat anggota keluarga lain yang mengidap asam urat, kamu bisa lebih mudah terkena penyakit ini juga.

Makan makanan yang sehat, mengurangi atau bahkan menghilangkan alkohol dan olahraga secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga asam urat tetap stabil. Ingat untuk selalu rutin minum air putih saat berolahraga untuk mencegah potensi asam urat kambuh karena dehidrasi.


Kenali Penyebab Asam Urat Agar Tidak Kambuh Seperti Ahmad Dhani
(kna/up)