Selasa, 26 Mar 2019 14:14 WIB

Asam Urat Kambuh Seperti Ahmad Dhani, Haruskah Pantang Emping dan Melinjo?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Emping dan melinjo sebaiknya dihindarkan pasien asam urat. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom Emping dan melinjo sebaiknya dihindarkan pasien asam urat. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Ahmad Dhani yang tengah mengalami masa tahanan di Rutan Klas I Surabaya baru-baru ini tak bisa bangun dan berjalan menggunakan alat bantu karena asam uratnya kambuh.

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang radang sendi ditandai dengan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, terjadi pembengkakan, kemerahan dan nyeri pada sendi bagian kaki.

Banyak orang beranggapan bahwa orang yang mengidap asam urat tidak boleh makan emping dan melinjo, benarkah?

"Untuk penderita asam urat tidak dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi lemak dan menghasilkan banyak purin. Kebetulan melinjo (dan emping) mengandung cukup banyak lemak sehingga tidak dianjurkan," ujar ahli gizi dari University of Sydney Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



Bukan hanya emping dan melinjo, makanan yang menghasilkan banyak purin juga ada di seafood seperti udang, kerang, ikan asin, kemudian jeroan dan makanan beragi atau hasil fermentasi (termasuk minuman beralkohol). Victoria menyarankan pengidap asam urat juga menghindari gula tambahan seperti gula putih dan madu, juga jus buah, dan kopi.

Pasien dengan asam urat tinggi juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah, produk susu full cream, dan daging prosesan (sosis dan nugget).

Untuk tetap memenuhi zat gizi tanpa meningkatkan asam urat, Victoria menyarankan untuk memilih produk makanan tertentu. Untuk produk susu, konsumsilah produk susu non-fat atau tanpa lemak.

"Biasanya untuk asam urat saya sarankan untuk mengonsumsi 2 suplemen: omega 3 atau minyak ikan (pelumas sendi) dan glucosamine-condroitin untuk peremajaan sendi. Banyak olahraga berenang untuk melemaskan sendi," pesannya.


Asam Urat Kambuh Seperti Ahmad Dhani, Haruskah Pantang Emping dan Melinjo?
(wdw/up)
News Feed