Selasa, 26 Mar 2019 17:45 WIB

Vanessa Angel Disebut Sempat Ingin Bunuh Diri, Tanda-tanda Depresi?

Ayunda Septiani - detikHealth
Vanessa Angel disebut sempat berpikir bunuh diri (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom) Vanessa Angel disebut sempat berpikir bunuh diri (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Nicky Tirta membagikan kondisi dari sahabatnya, Vanessa Angel yang mendekam di tahanan. Vanessa disebut sering sakit dan berpikir ingin bunuh diri.

Nicky mengatakan rekan duetnya itu kerap berpikir untuk mengakhiri hidup. Namun Nicky menguatkan dan mencoba menghibur dengan candaan-candaan. Apakah ini tanda-tanda depresi?

Belum tentu bisa dikatakan depresi, menurut psikolog klinis Anna Surti Ariani, MPsi. Menurut Nina, demikian sapaan akrabnya, harus ada pemeriksaan tertentu untuk seseorang bisa dikatakan depresi.

"Belum tentu, biasanya diagnosis depresi minimal selama 2 minggu terturut-terut setiap hari. Dan mengalami kondisi sindrom2 depresi. Tapi kalau tidak mengalami selama berturur-turut mungkin hanya 1-2 hari itu tidak bisa di diagnosis depresi. Untuk bisa mendapatkan diagnosisnya mendingan datang ke sikolog atau ke psikiater langsung," jelas Nina saat dihubungi detikHealth, Selasa (26/03/2019).



Nina menjelaskan, jika kondisinya sudah parah seseorang yang mengalami depresi bisa mengalami pikiran dan bahkan usaha untuk bunuh diri. Butuh pengawasan oleh kerabat dan keluarga terdekat.

"Ada disebut tanda-tanda depresi. Ada yang sudah terdiagnosis mengalami depresi. Itu adalah hal yang berbeda. Kalau seseorang sudah mengalami depresi, kemungkinan semua tanda depresi pure ada pada dia. Biasanya itu juga ada durasi waktunya, nggak baru sehari saja mengalami keluhan terus kita langsung bilang dia depresi," pungkasnya.

(up/up)