Rabu, 27 Mar 2019 09:45 WIB

Berhari-hari Tak Bisa BAB, Seorang Pria Kolaps dengan Usus Mengeras

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Susah BAB bisa memicu dampak serius bila tidak diatasi (Foto: iStock) Susah BAB bisa memicu dampak serius bila tidak diatasi (Foto: iStock)
Jakarta - Konstipasi alias sembelit alias susah Buang Air Besar (BAB) tidak boleh disepelekan. Selain memicu rasa tidak nyaman, bila tidak diatasi bisa berdampak sangat serius.

Seperti dialami seorang pria 80 tahun di Taiwan yang kolaps di rumahnya baru-baru ini. Ia ditemukan tak sadarkan diri oleh keluarganya, lalu dilarikan ke rumah sakit.

Kepada dokter di Chung-Ho Memorial Hospital di Kaohsiung, pasien mengaku tidak bisa BAB sepekan terakhir. Dokter lalu melakukan pemeriksaan, lalu menemukan tinja sepanjang 30 cm yang mengeras di ususnya.



Dokter bedah dikabarkan harus memotong sebagian usus yang rusak. Tinja yang mengeras menyebabkan akumulasi dan nekrosis atau kematian jaringan di sekitar usus. Pasien juga dilaporkan mengalami demam tinggi, dan didiagnosis mengalami ulcerative colitis.

Tidak diketahui pasti bagaimana kondisi pasien bisa separah ini. Dikutip dari Dailymail, salah seorang dokter yang menangani pasien, Hsieh Yi-chien, menyebut usus pasien sewaktu-waktu bisa 'meledak' dan memicu sepsis atau infeksi.


Berhari-hari Tak Bisa BAB, Seorang Pria Kolaps dengan Usus Mengeras
(up/kna)
News Feed