Kamis, 28 Mar 2019 05:03 WIB

8 Penyebab Telat Haid yang Bukan Karena Hamil

Niken Widya Yunita - detikHealth
8 Penyebab Telat Haid yang Bukan Karena Hamil/Foto: iStock
Jakarta - Kamu telat haid dan itu tandanya hamil? Jangan deg-degan dulu karena bukan berarti telat haid itu pertanda hamil.

Sebelum mengecek dengan tes kehamilan di rumah, mari luangkan waktu sebentar untuk membahas alasan lain mengapa siklus bulanan kamu tidak bekerja.

Berikut adalah faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan kamu terlambat datang haid.



1. Kontrasepsi

Anda mungkin berpikir menggunakan kontrasepsi akan menyebabkan lebih seringnya menstruasi. Tetapi wanita yang menggunakan pil KB tidak akan mengalami menstruasi pada siklus 28 hari. Selain pil, jenis kontrasepsi seperti suntik atau implan bisa menjadi penyebab wanita telat haid.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Salah satu penyebab wanita telat haid yakni PCOS. PCOS merupakan salah satu gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan di mana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Jika tidak ada telur yang dilepas maka tidak terjadi menstruasi.

3. Stres

Stres dapat mengganggu hipotalamus yang menyebabkan efek trickle down. Inilah yang membuat kamu yang sedang stres terlambat datang haid.

4. Berat Badan Turun

Penurunan berat badan yang berlebihan lebih mungkin menyebabkan periode terlambat haid daripada kenaikan berat badan. Itulah sebabnya beberapa atlet wanita yang benar-benar ramping tidak mengalami menstruasi.

5. Menopouse Dini

Rata-rata wanita usia 50-an mengalami menopause. Tetapi banyak wanita mulai mengalami siklus menstruasi terlambat di usia 40-an. Jika Anda berusia di bawah 45 tahun dan menstruasi kamu berhenti total, ada kemungkinan kamu mengalami menopause dini. Sebelum wanita mengalami menopause siklus haidnya menjadi telat.

6. Tumor Hipofisis

Meskipun jarang dan tidak mungkin, kadang-kadang prolaktinoma, sejenis tumor hipofisis yang mengeluarkan prolaktin dalam jumlah berlebih, hormon yang menandakan produksi ASI, patut disalahkan untuk penyebab wanita telat haid.



7. Diabetes dan Penyakit Tiroid

Masalah lain seperti diabetes dan penyakit tiroid dapat dikaitkan dengan penyebab haid datang terlambat.

8. Sedang Menyusui

Saat wanita sedang menyusui, tidak mengalami siklus menstruasi selama beberapa bulan. Penyebabnya karena hormon yang memegang peran penting dalam menyusui alias hormon prolaktin menekan ovulasi.

Tapi hati-hati. Bagi kamu yang sedang menyusui, bisa saja hamil. Pembuahan tetap bisa terjadi meski kamu tidak sedang haid. (nwy/up)