Kamis, 28 Mar 2019 09:30 WIB

14 Tanda Hamil yang Harus Kamu Tahu

Niken Widya Yunita - detikHealth
14 Tanda Hamil yang Harus Kamu Tahu/Foto: iStock 14 Tanda Hamil yang Harus Kamu Tahu/Foto: iStock
Jakarta - Walaupun tes kehamilan adalah satu-satunya cara untuk menentukan apakah kamu hamil, ada tanda-tanda dan gejala hamil yang bisa diperhatikan. Apa saja?

Meskipun mungkin terdengar aneh, minggu pertama kehamilan didasarkan pada tanggal periode menstruasi terakhir kamu. Periode menstruasi terakhir dianggap minggu pertama kehamilan.



1. Kram dan Bercak

Telur yang telah dibuahi menghasilkan blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi. Sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal inilah yang dapat menyebabkan pendarahan. Hindari merokok atau minum alkohol saat terjadi pendarahan.


2. Tidak Menstruasi 4 Minggu Setelah Pembuahan

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan.

Kamu kemungkinan akan kehilangan menstruasi berikutnya empat minggu setelah pembuahan. Jika mengalami menstruasi yang tidak teratur, kamu perlu melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin dan menunjukkan apakah kamu sedang hamil.

3. Suhu Tubuh Meningkat

Suhu tubuh basal yang lebih tinggi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Suhu inti tubuh kamu juga dapat meningkat lebih mudah selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, kamu harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.



4. Cepat Lelah

Kelelahan dapat terjadi kapan saja selama kehamilan. Gejala ini umum terjadi pada awal kehamilan. Kadar progesteron akan meningkat, yang bisa membuat kamu mengantuk.

5. Detak Jantung Meningkat

Sekitar minggu 8 hingga 10, jantung kamu mulai berdetak lebih cepat dan lebih keras. Hal ini biasanya karena hormon. Jika memiliki masalah jantung, segeralah ke dokter.

6. Payudara Membesar

Perubahan payudara dapat terjadi antara minggu ke 4 dan 6. Payudara kamu akan membesar karena perubahan hormon. Perubahan puting juga dapat terjadi sekitar minggu ke 11. Areola atau area di sekitar puting susu dapat berubah warna menjadi lebih gelap dan lebih besar.


7. Perubahan Suasana Hati

Tingkat estrogen dan progesteron kamu akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati dan membuat kamu lebih emosional atau reaktif dari biasanya. Perubahan suasana hati sering terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan perasaan depresi, mudah marah, dan cemas.

8. Sering Buang Air Kecil

Selama kehamilan, tubuh meningkatkan jumlah darah yang dipompa. Hal ini membuat ginjal memproses lebih banyak cairan dari biasanya, yang menyebabkan lebih banyak cairan dalam kandung kemih kamu. Jadi wajar saja kamu akan sering ke kamar mandi.

9. Kembung dan Sembelit

Mirip dengan gejala periode menstruasi, kembung dapat terjadi selama awal kehamilan. Ini mungkin karena perubahan hormon, yang juga dapat memperlambat sistem pencernaan kamu. Kamu pun akan mengalami sembelit.

10. Mual

Mual di pagi hari biasanya terjadi sekitar minggu ke 4 hingga 6. Meskipun disebut mual di pagi hari, penyakit ini dapat terjadi kapan saja di siang atau malam hari.

Penyebab mual di pagi hari itu yakni peningkatan hormon. Selama trimester pertama kehamilan, banyak wanita mengalami mual pagi yang ringan hingga berat. Ini mungkin menjadi lebih intens menjelang akhir trimester pertama dan akan berkurang ketika memasuki trimester kedua.

11. Tekanan Darah Tinggi dan Pusing

Dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi akan terjadi pada tahap awal kehamilan. Ini juga dapat menyebabkan terjadinya pusing, karena pembuluh darah kamu melebar. Hampir semua kasus hipertensi terjadi dalam 20 minggu pertama.

12. Sensivitas Bau

Sensitivitas bau adalah salah satu gejala awal kehamilan. Sensitivitas bau dapat memicu mual dan muntah. Ini juga dapat menyebabkan ketidaksukaan yang kuat untuk makanan tertentu.

13. Berat Badan Bertambah

Tubuh kamu akan mengalami peningkatan menjelang akhir trimester pertama atau selama kehamilan. Tubuh akan meningkat 0,4 - 1,6 kg pada bulan pertama kehamilan. Bahkan tubuh bisa meningkat hingga 20 kg selama kehamilan.

14. Bersinar

Banyak orang mungkin mulai mengatakan ibu hamil memiliki wajah bersinar. Hal ini akibat kombinasi peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi.
Peningkatan aktivitas kelenjar minyak tubuh membuat kulit kamu tampak memerah dan mengkilap. Di sisi lain, kamu juga akan jerawatan.




(nwy/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya