Kamis, 28 Mar 2019 10:35 WIB

Tes DNA Buktikan Anak Kembar Ini Punya Ayah Biologis yang Berbeda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Siapa ayah biologis seseorang bisa dikonfirmasi lewat tes DNA (Foto: iStock) Siapa ayah biologis seseorang bisa dikonfirmasi lewat tes DNA (Foto: iStock)
Jakarta - Sepasang bayi kembar di Xiamen, China, terbukti memiliki perbedaan genetik yang mengindikasikan bahwa ayah biologisnya berbeda. Tes DNA membuktikan betapa rumitnya garis keturunan mereka.

Bermula dari kecurigaan ayah si kembar yang memperhatikan adanya perbedaan ciri fisik pada anak kembarnya. Salah satu dari si kembar, dinilainya memiliki hidung, mata, dan mulut yang tidak sama seperti dirinya.

Walau demikian, si ayah pada awalnya tidak punya praduga apapun, termasuk kemungkinan salah satu anak yang diasuhnya itu berasal dari ayah biologis yang berbeda. Hingga akhirnya tes DNA atau paternity test dilakukan dalam rangka pencatatan kelahiran.

Hasil tes DNA mengungkap fakta mengejutkan. Kedua bayi rupanya berasal dari ayah biologis yang berbeda, yang oleh dokter disebut sebagai kondisi langka 'heteropaternal superfecundation'. Dua atau lebih sel telur pada siklus yang sama, dibuahi oleh sperma dari pria yang berbeda.



"Ini kasus yang sangat spesial," kata Mr Zhang, direktur Fujian Zhengtai Forensic Identification Centre, dikutip dari TheSun.co.uk.

"Artinya perempuan tersebut melakukan hubungan seksual dengan dua pria, dan terjadi pembuahan pada saat bersamaan," jelasnya.

Ibu dari si kembar dikabarkan pada akhirnya membuat pengakuan yang mengkonfirmasi hasil tes DNA. Ia mengaku pada satu kesempatan pernah melakukan 'one night stand' dengan pria selain suaminya.

(up/up)
News Feed