Kamis, 28 Mar 2019 15:02 WIB

Stres Bisa Picu Sakit Mag? Ini Kata Ahli Pencernaan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Stres memang bisa memicu pelepasan asam lambung (Foto: Shutterstock) Stres memang bisa memicu pelepasan asam lambung (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Sebuah pesan singkat yang tersebar menyebutkan stres bisa menjadi penyebab utama sakit mag. Peningkatan asam lambung saat stres diklaim lebih tinggi dibanding saat telat makan.

"Penyebab utama sakit mag yang paling banyak adalah justru stres. Stres menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung," tulis pesan tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, dokter spesialis konsultan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan kabar tersebut adalah hoax. Stres bukan menjadi sebab utama keluhan peningkatan produksi asam lambung.

"Stres hanya mencetuskan timbulnya asam lambung yang memperburuk keluhan. Bukan menjadi penyebab utama gangguan tersebut," kata dr Ari pada detikHealth, Kamis (28/3/2019).



Menurut dr Ari, stres tidak akan mengakibatkan seseorang mengalami gangguan asam lambung. Namun seseorang dengan keluhan asam lambung, bisa mengalami gangguan tersebut saat berada dalam tekanan.

Istilah mag mengacu pada gangguan saluran cerna yang terjadi akibat peningkatan produksi asam lambung. Kondisi bisa bersifat fungsional atau organik bergantung pada penyebabkan. Masyarakat saat ini lebih sering mengalami mag fungsional akibat gaya hidup, bukan organik akibat bakteri.

(up/up)
News Feed