Kamis, 28 Mar 2019 17:29 WIB

Bawang Putih Bisa Mengobati Kutil Kelamin, Benarkah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengobati kutil kelamin. Foto: Istock
Jakarta - Kutil atau warts tidak hanya muncul di tangan, kaki, atau wajah, kutil juga bisa muncul di kelamin yang merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS). Kutil kelamin ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Banyak informasi yang beredar di internet bahwa salah satu pengobatan kutil kelamin yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan bawang putih yang disebut-sebut mengandung senyawa allicin yang ampuh dalam membunuh bibit-bibit penyakit.

Benarkah bawang putih bisa mengobati kutil kelamin? Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV dari Klinik Pramudia mengatakan bahwa hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

"Kalau sebagai dokter saya tidak merekomendasikan untuk mencoba itu," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).



"Pengobatan tradisional seperti bawang putih dan lain-lain perlu pembuktian medis yang lebih jauh. Saya merekomendasikan pengobatan-pengobatan yang sudah terstandarisasi secara medis dan sudah dalam penelitian terbukti bisa mengeradikasi si virusnya dengan baik," lanjut dr Dian.

Menurutnya, pengobatan tradisional yang salah satunya dengan menggunakan bawang putih tersebut justru bisa memperburuk kondisi kutil kelamin, misalnya dengan mengoleskan bawang putih justru bisa memicu iritasi pada kulit yang diolesi.

"Itu malah bisa mengiritasi kulit area yang ditempel, apalagi area kelamin yang cenderung lebih sensitif, malah mengiritasi atau terbakar ringan kalau ditempel terlalu lama yang artinya malah memperparah kondisi yang ada," jelas dr Dian.



(wdw/up)