Kamis, 28 Mar 2019 18:23 WIB

Ahmad Dhani Sakit Gigi, Ini 5 Cara Alami Redakan Nyeri Gigi

Firdaus Anwar - detikHealth
Ahmad Dhani mengaku lagi sakit gigi. Foto: Deny Prastyo Utomo Ahmad Dhani mengaku lagi sakit gigi. Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Setelah sembuh dari asam urat, Ahmad Dhani yang baru saja selesai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya mengaku kini sakit gigi. Dhani menyebut sudah mendapat rujukan dari dokter rutan untuk menemui dokter gigi.

"Sudah ada rujukan dari dokter dari rutan. Belum tahu rumah sakitnya, Dokter Anita namanya. Sudah dirujuk oleh Rutan hari Senin. Supaya gigi saya bagus, supaya Selasa bisa memberikan kesaksian," ujar Dhani seperti dikutip dari detikcom pada Kamis (28/3/2019).

Terkait hal tersebut kalau kamu pernah sakit gigi seperti Dhani dan harus menunggu sebelum bisa ke dokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri gigi. Dikutip detikHealth dari berbagai sumber berikut contohnya:


1. Air garam

Bagi banyak orang, bilas dengan air garam adalah pengobatan pertama yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk melakukan ini, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres es

Jika kamu punya gigi yang tidak sensitif, menempelkan es batu pada area gigi yang sakit disebut bisa membantu meredakan nyeri sembari kamu menunggu waktu untuk berkonsultasi pada dokter.

Tempatkan es batu kecil dalam kantong plastik, bungkus kain tipis, kemudian oleskan ke gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf. Kamu juga bisa menempelkan es yang telah dibalut kain ke pipi, tepat di atas gigi yang terasa sakit.

3. Minyak cengkeh

Oleskan satu atau dua tetes minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi menggunakan kapas. Cara ini dapat meredakan nyeri pada gigi sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Penyebabnya karena minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik.

4. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan karena berkhasiat mengobati sakit gigi. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat meredakan nyeri.

Untuk menggunakan ini, hancurkan bawang putih dan oleskan di sekitar gigi yang sakit. Tambahkan sedikit garam atau bisa juga perlahan mengunyah satu siung bawang putih segar.

5. Cuka apel

Cuka apel atau cuka dapur juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami untuk sakit gigi. Dimana kandungan antimikrobal dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Kamu bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang. (fds/ask)