Sabtu, 30 Mar 2019 20:20 WIB

Updated

Lagi Sakit Mag? Dokter Sarankan Kamu Tidur Miring ke Kanan

Firdaus Anwar - detikHealth
Tidur ke samping kanan disebut baik untuk orang dengan penyakit mag. (Foto: iStock)
Jakarta - Saat kita tidur tubuh bukan berarti benar-benar istirahat berhenti bekerja. Ada beberapa fungsi yang tetap berjalan seperti salah satunya lambung akan tetap memproduksi asam sepanjang malam.

Nah terkait hal tersebut kalau kamu punya penyakit mag ada posisi tidur ideal yang bisa membantu. Spesialis pencernaan dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) menyarankan agar tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan.

Alasannya menurut dr Hendra karena secara fisiologis saat tidur ke sebelah kanan asam lambung akan lebih mudah mengalir ke usus.


"Jadi begini (tidur ke kiri -red) lambung asamnya ketahan, gampang meluap ke atas. Makanya sebaiknya tidur ke kanan supaya asam lambung yang terbentuk akan langsung turun ke usus 12 jari. Hadisnya kan kalau tidur ke sebelah kanan," kata dr Hendra ketika ditemui di acara diskusi media, Senayan City, Jumat (29/3/2019).

Ahli pencernaan lainnya dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, juga pernah mengatakan kalau gravitasi memegang peranan penting untuk asam lambung. Jika posisi kepala lebih tinggi daripada dada, maka asam lambung dipastikan tidak akan naik hingga ke tenggorokan sampai memicu GERD (Gastro Esophagial Reflux Disease).

"Secara general rekomendasinya adalah prinsip bahwa posisi kepala harus lebih tinggi daripada dada, baik hadap kanan maupun kiri. Tapi memang biasanya orang lebih memilih posisi kanan karena katanya lebih nyaman," ungkap dr Ari kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

(fds/up)