Sabtu, 30 Mar 2019 22:24 WIB

Khusus Pria, Seks Bisa Pulihkan Gejala Rhinitis Alergi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Seks punya pengaruh positif pada sistem imun tubuh (Foto: iStock) Seks punya pengaruh positif pada sistem imun tubuh (Foto: iStock)
Jakarta - Bagi pria, seks ternyata bisa memulihkan gejala yang timbul akibat rhinitis alergi atau yang disebut hay fever. Sayangnya kondisi ini tidak berlaku untuk wanita.

"Ini mungkin tidak terdengar menyenangkan bagi wanita, yang tetap mengandalkan antihistamin untuk memulihkan alergi. Wanita tidak mendapat manfaat serupa dari seks terkait hay fever," kata ahli alergi terkait udara Max Wiseberg dikutip dari Mirror.



Dalam riset yang dilakukan Tabriz Medical University, Iran, Mekanisme pemulihan hay fever terkait ejakulasi yang terjadi pada pria. Sayangnya, riset tak menyatakan apakah pria bisa langsung merasakan efek seks pada pemulihan alergi atau harus menunggu terlebih dulu.

Riset juga tak menyarakan berapa lama efek seks bisa bertahan menghadapi hay fever. Namun, riset ini bisa menjadi alternatif pemulihan bagi pria yang mengalami hay fever. Dengan keterbatasan hasil riset, Wiseberg menyarankan pria tak berharap seks bisa segera melindungi dirinya dari alergi dan tetap menyiapkan obat anti alergi.

Bahan penyebab alergi (alergen) pada hay fever umumnya tidak bahaya misal debu, serbuk bunga, dan rumput. Hay fever biasanya muncul pada musim tertentu bergantung pada kondisi lingkungan sekitar.

Gejala hay fever antara lain hidung yang berair atau buntu, mata gatal dan berair, beberapa kali bersih, lelah, batuk akibat aliran cairan atau ingus dari hidung ke tenggorokan (post nasal drip), dan hidung, mulut, serta tenggorokan yang juga gatal. Gejala ini mirip serangan batuk dan pilek pada flu, namun penyakit tersebut tak disertai mata gatal dan berair.

(up/up)