Minggu, 31 Mar 2019 15:18 WIB

Kelihatan Sepele tapi Penting, 4 Jenis Makanan Ini Rentan Bikin Tersedak

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beberapa jenis makanan rentan bikin keselek (Foto: Istimewa) Beberapa jenis makanan rentan bikin keselek (Foto: Istimewa)
Jakarta - Video viral bocah yang tersedak rambutan ini menjadi pembelajaran bahwa siapa saja bisa mengalami hal ini.

"Kamu benar-benaar bisa tersedak apapun," kata Joan Salge Blake, RD, profesor klinis nutrisi di Boston University dan juru bicara media untuk American Academy of Nutrition and Dietetics.

"Kamu harus yakin mengunyah dengan benar dan tidak menelan dalam jumlah besar. Penting juga untuk memiliki cairan di tangan, sehingga kamu dapat menelan dan menggerakkan segala sesuatunya (yang bikin tersedak --red)," tambahnya dikutip Huffington Post.

Berikut ini adalah empat jenis makanan yang harus diwaspadai biar tidak tersedak.



1. Bisa ambil serauk

Gampang banget untuk mengambil segenggam popcorn atau kacang saat nonton film, apalagi kalau kamu lagi lapar. Makan dengan memasukkan jumlah besar dalam sekali waktu tidak dianjurkan, karena itu sebisa mungkin makanlah dengan perlahan.

"Makanan yang cenderung dimakan orang dengan ukuran segenggam tangan dapat dengan mudah kelebihan di mulut dan tertelan," kata Sharon A. Brangman, M.D., profesor kedokteran dan kepala divisi kedokteran geriatri di Upstate Medical Center di Syracuse, N.Y.

2. Ukuran potongan makanan yang nggak kira-kira

Beberapa makanan bisa jadi masalah karena ukurannya. Makanan dengan diameter kecil yang mudah masuk ke tenggorokan dapat membuat sumbat, yang akan menghalangi aliran udara, jelas Brangman. Makanan yang dapat dengan mudah dimasukkan ke tenggorokan termasuk di antaranya hot dog, anggur, dan wortel dan membutuhkan perhatian yang ekstra untuk dikunyah.

3. Masalah tekstur

Tekstur tertentu dalam makanan bisa berbahaya, terutama jika kenyal, kering atau kental. Makanan dengan jenis tekstur ini tidak mudah turun dan mungkin membutuhkan gigitan kecil dan cairan ekstra. Beberapa makanan yang dimaksud misalnya bagel, selai kacang, ayam yang terlalu matang, atau mungkin bakso.

4. Gigitan yang besar

Ketika lelah dan lapar, makanan tertentu jadi terlihat lebih menarik dan membuat kamu tanpa sadar menggigit besar. Tetapi jangan makan lebih dari apa yang bisa dikunyah. Steak dan sandwich lapis adalah contohnya.

"Saya pernah membaca bahwa banyak pria mencoba makan steak seukuran sebungkus rokok," tutur Brangman.

(ask/up)