Minggu, 31 Mar 2019 22:35 WIB

6 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan (Foto: iStock) Kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Nggak bisa tidur mungkin menjadi masalah sehari-hari warga urban. Kondisi ini mengakibatkan mood berantakan, sulit fokus, hingga turunnya produktivitas di pagi hari.

Bagi yang merasa sulit tidur, 6 tips dari ahli tidur Nerina Ramlakhan ini bisa dicoba. Berikut tipsnya dikutip dari Mirror.



1. Segera sarapan

Saat bangun di pagi sebaiknya segera sarapan atau paling lambat dalam 45 menit, meski tidak lapar. Sarapan mengakibatkan tubuh percaya tidak dalam kondisi kelaparan, yang mengakibatkan peningkatan produksi hormon stres. Hormon inilah yang mengakibatkan sulit tidur.

2. Tidur sebelum tengah malam

Setiap orang biasanya menerapkan siklus tidur 90 menit, dengan 2 jam pertama memberi peran terbesar. Pada saat itu tubuh sedang berusaha mengurangi stres dan menyeimbangkan kembali metabolisme. Ramlakhan menyarankan tidur lebih awal 3-4 kali dalam seminggu.

3. Mencoba suplemen alami

Otak memerlukan 10 gram glikogen per jam saat tidur yang penting untuk perbaikan tubuh. Dalam beberapa kasus, sulit atau terbangun tiba-tiba mungkin dikarenakan kurangnya energi saat tidur. Suplemen berbahan alami yang kaya vitamin bisa mengatasi krisis tubuh yang kelaparan di malah hari.



4. Menerapkan power nap

Power nap bisa mengurangi beban otak meski tidak terlalu memuaskan, sehingga lebih mudah tidur di malam hari. Tidur selama 5-20 menit ini bisa dilakukan sambil berdiri, duduk, atau berbaring di lantai. Ramlakhan menyarankan power sleep pukul 14.00-16.00 supaya tidak memengaruhi tidur pada malam hari.

5. Ucapkan terima kasih

Saat sulit tidur, Ramlahkhan menyarankan tutup mata dan membayangkan seseorang yang layak mendapat ucapan terima kasih. Saat itu, bayangkan kita sedang berterima kasih sambil memberinya pelukan. Dengan perasaan positif tersebut, cobalah untuk tidur dengan pikiran yang lebih baik dan tenang.

6. Hargai diri sendiri

Ketika mata tidak bisa menutup, cobalah liat seluruh tubuh kita sambil berbaring. Bisa dimulai dengan jari dan pergelangan kaki, sambil mengungkapkan rasa cinta dan terima kasih pada diri sendiri. Ucapan ini bisa diteruskan ke seluruh tubuh hingga mata akhirnya tertutup dan tidur.

(up/up)