Senin, 01 Apr 2019 07:05 WIB

Punya Leher Item? Ini 4 Tips Agar Kulit Leher Tidak Hitam Lagi

Ayunda Septiani      - detikHealth
Mencegah kulit leher hitam. Foto: Thinkstock Mencegah kulit leher hitam. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kulit leher hitam adalah salah satu masalah yang dianggap cukup mengganggu bagi perempuan. Kenapa menjadi masalah, kan bisa ditutupi pakai rambut? Nanti dulu, rambut panjang kamu tidak selalu terurai setiap saat.

Ada kalanya kamu mengikat rambut dan membuat leher terlihat. Setelah melihat kulit leher hitam, orang di sekitar kamu akan mengomentari hal tersebut. Tentunya akan menjadi tidak nyaman.

Dikutip dari beberapa sumber, 4 tips ini bisa mencegah agar kulit leher kamu tidak hitam.


1. Jaga kebersihan

Saat mandi, jangan sembarangan mengusapkan sabun di bagian leher. Pastikan semua debu dan kotoran yang menempel sudah terkena sabun dan terusap semua terangkat.

Lalu bilas hingga benar-benar bersih. Sisa sabun yang tidak terbilas malah bisa menjadi kerak dan membuat leher hitam lho detikers. Jadi jangan sampai lupakan kebersihan leher ya.

2. Cegah kelebihan berat badan

Kamu harus mengontrol berat badanmu. Suka atau tidak, jika ini kamu memiliki kecenderungan obesitas maka kamu harus mengurangi porsi makan dan melakukan diet sehat.

Ini strategi untuk menjaga kondisi insulin kamu dan mencegah adanya lipatan kulit yang menyebabkan warnanya jadi mudah hitam. Ini juga berlaku pada lipatan kulit leher.


3. Banyak minum air

Air putih diyakini bisa menutrisi kulit, menjaga kelembapan dan menghidrasi dengan dengan baik. Makan sayur yang berkuah juga bisa, itu juga menambah asupan air untuk tubuh.

Jika kadar air dalam tubuh tercukupi maka kulit bisa lebih cerah alami. Tidak kusam, tidak pucat dan tidak kering.

Itulah cara mengatasi kulit leher hitam yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah, tanpa menggunakan obat-obatan atau krim pemutih. Lakukan cara yang aman saja ya, supaya tidak ada risiko kedepannya.

4. Manfaatkan masker alami

Ada beberapa jenis tanaman, mulai dari buah atau bahan tertentu, yang mampu dipercaya bisa mengatasi leher hitam. Di antaranya yaitu lidah buaya, lemon, serta kentang.

(up/up)