Senin, 01 Apr 2019 09:13 WIB

Semalam Kurang Tidur? 6 Tips Tidur Siang Ini Mungkin Bermanfaat

Ayunda Septiani - detikHealth
Walau singkat, tidur siang efektif memulihkan kebugaran otak (Foto: Thinkstock) Walau singkat, tidur siang efektif memulihkan kebugaran otak (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Derita Senin pagi adalah harus bangun lebih awal agar tidak terjebak macet di jalanan. Akibatnya, kurang tidur membuat rasa kantuk mudah menyerang sepanjang hari. Pada kondisi seperti ini, tidur siang atau power nap bisa jadi solusi.

Power nap berguna juga bagi mereka yang mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari. Untuk dilakukan secara rutin pun, tidur siang terbukti efektif memulihkan kebugaran otak yang kelelahan.

Dengan tidur, kita bisa mengisi kembali energi kita sehingga nanti ketika bangun, kita bisa melanjutkan aktivitas lagi. Dikutip dari Life Hack, berikut tips agar bisa tidur siang dengan nyenyak.



1. Matikan gadget

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan gadget sebagai salah satu cara ampuh. Gadget merupakan sesuatu yang memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur kita karena seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang main ponsel terlebih dahulu sebelum mereka tidur, padahal hal yang dilakukannya itu bukanlah hal yang perlu dan terkadang tidak ada manfaatnya sama sekali.

2. Mematikan TV

Matikan TV terlebih dahulu. Seperti halnya gadget, TV juga memancarkan cahaya dengan gelombang yang sama. Dan juga beberapa acara yang ada di TV ada yang malah membuat kita tidak bisa tidur karena kita ingin untuk terus menontonnya apalagi jika memang acara yang kita tonton tersebut seru dan memang merupakan salah satu film terkenal.

Padahal hal tersebut justru akan mengganggu kualitas tidur kamu serta mengurangi waktu tidur. Akibatnya ketika bangun, kamu masih merasa capek dan masih mengantuk.



3. Menggunakan penutup mata

Tips yang ketiga ini memang sudah banyak dilakukan agar bisa tidur dengan nyenyak, baik itu ketika mereka tidur siang maupun juga ketika ingin tidur di malam hari.

Menggunakan penutup mata akan membantu untuk menghindarkan dari cahaya lampu agar tidak bisa masuk ke mata kamu, sehingga nantinya bisa membantu otak untuk merangsang tubuh agar bisa tidur.

4. Menggunakan kasur dan bantal yang nyaman

Menggunakan bantal dan juga kasur yang empuk dan nyaman merupakan cara yang umum dilakukan sebagai orang karena dengan menggunakan bantal dan kasur yang nyaman tentunya bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nantinya akan cepat tidur.

5. Mengurangi kafein

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam makanan dan minuman, khususnya kopi bisa membuat kita tahan lama (tidak tidur). Maka dari itu, jika ingin tidur di siang hari, maka kamu harus mengurangi asupan kafein dan menjauhi segala bentuk bahaya kafein bagi tubuh kamu.

6. Atur jadwal tidur

Dengan mengatur jadwal tidur, kamu bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman baik di malam maupun juga di siang hari. Jika kamu bisa mengatur pola tidur dengan baik, maka tentunya bisa tidur dengan cepat dan nyaman dan juga malam harinya kamu tidak akan kelelahan.

(up/up)