Selasa, 02 Apr 2019 06:35 WIB

Pelihara Kucing Aman Tanpa Tertular Tokso, Gimana Caranya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pelihara kucing bebas tokso. Foto: iStock Pelihara kucing bebas tokso. Foto: iStock
Jakarta - Mungkin kamu ingin memelihara kucing tapi orang di sekelilingmu melarang karena menyebutkan kalau pelihara kucing takutnya tertular tokso atau toksoplasma.

Toksoplasma atau infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit protozoa Toxoplasma gondii (T. gondii) disebarkan dari hewan ke manusia. Namun lain halnya untuk ibu hamil yang dapat menyebarkan infeksi ini pada janinnya. Lantas bagaimana cara aman memelihara kucing tanpa terkena tokso?

"Sebenarnya kalau tokso itu lebih kepada kucing ya, karena kucing itu kan induk semangnya tokso. Sebenarnya nggak semua kucing juga bisa menularkan tokso. Beberapa kucing yang terinfeksi toksolah yang bisa menularkan itu ke manusia," ujar drh Elvinka Ruth, saat ditemui usai acara 'Talkshow Media Pro Balance, Feed the Finest', Senin (1/4), Jakarta Pusat.


"Nah untuk pencegahannya lebih kepada kebersihan sih, jadi kalau misalnya kucingnya pup memang harus cepat-cepat dibersihin karena tokso itu kan menularnya secara oral," tambahnya.

Tipsnya, bagi kamu yang memelihara kucing, pastikan kamu menjaga kebersihan kucing kamu ya. Vaksinasi pun jadi harga mati bagi kamu yang memelihara kucing. Plus, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat membersihkan tempat kotorannya. Untuk pakan kucing, sebaiknya hindari pemberian daging mentah karena khawatir ada parasit T. gondii yang masih hidup di sana.

Oh iya, biasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dengan cuci tangan sebelum makan ya. Bagi kamu yang nggak memelihara kucing, tetap harus hati-hati juga. Misalnya kamu sedang menggali tanah, pakai sarung tangan itu wajib. Kan kita nggak tahu di situ ada kotoran kucing yang terinfeksi tokso atau tidak. Mencegah lebih baik kan daripada mengobati?

(ask/up)