Selasa, 02 Apr 2019 09:00 WIB

8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ayunda Septiani - detikHealth
Buah tin (Foto: iStock)
Jakarta - Sejak lama, buah tin telah dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sejumlah zat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan.

Tak heran, jika kemudian jenis buah tin ini menjadi populer dan banyak dikonsumsi, meskipun dalam kondisi kering sekali pun. Namun pohon tin hanya bisa tumbuh di beberapa wilayah tertentu saja.

Jika dibawa sebagai oleh-oleh, buah tin ini kerap dikeringkan terlebih dahulu, sehingga daya tahannya menjadi lebih baik lagi. Dikutip dari beberapa sumber, detikHealth sudah merangkum 8 manfaat buah tin jika dikonsumsi. Apa saja?

1. Mencegah Diabetes

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa daun tin dapat membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

2. Mengobati Penyakit Kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, manfaat buah tin mampu mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, tetapi bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

3. Menjaga Berat Badan

Khasiat buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang-orang mempunyai berat badan lebih. Menurut penelitian oleh dr Joe Vinson dari The University of Scranton, buah-buahan kering, terutama buah tin adalah sumber nutrisi yang unggul.

Namun, ada juga dibuat sebagai manisan buah tin yang jumlah kalorinya tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

4. Mengobati Disfungsi Seksual

Selama berabad-abad, manfaat buah tin telah diakui mampu mengatasi disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi. Buah tin ini diyakini sebagai obat kuat atau suplemen seksual selama berabad-abad.

Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Untuk mendapatkan vitalitas seksual dengan buah tin, rendam 2-3 buah tin di dalam susu semalaman. Makan di pagi hari untuk meningkatkan gairah pada tubuh.

Baca juga: Herbal: Buah Ara


5. Manfaat untuk Kulit

Buah tin merah mampu menjadi sumber vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan dan membantu sirkulasi darah serta nutrisi, sehingga kulit menjadi halus. Sudah pasti kamu tambah cantik kan.

6. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang sangat tinggi di dalam buah tin merah, membuat buah ini memiliki kemampuan yang baik untuk menambah jumlah HB (Hemoglobin) di dalam darah. Jika jumlah HB tercukupi dengan baik, maka penyakit anemia juga bisa dihindari.

Penyerapan zat besi alami ini tentu akan lebih mudah dilakukan oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi lainnya yang terkandung dalam makanan olahan yang tidak lagi alami.

7. Mengurangi kolestrol

Manfaat buah tin terkenal sebagai buah yang mengandung banyak serat larut. Seperti kita ketahui kandungan serat larut dalam tubuh sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan pektin inilah yang akan menyapu semua kolestrol yang ada pada tubuh dengan cara membuangnya dalam sitem ekskresi.

8. Menguatkan Tulang

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang bisa dicegah dengan cara mengonsumsi buah tin secara berkala. Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi bahkan kandungan kalsium dan fosfor, buah tin lebih besar daripada kandungan susu. Sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan didi secara optimal.

(up/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya