Selasa, 02 Apr 2019 09:23 WIB

Dampak Aneh Sakit Flu, Bisa Tumbuh Sel Pengecap di Paru-paru

Firdaus Anwar - detikHealth
Pada tikus serangan flu yang parah bisa berefek samping tumbuhnya sel pengecap di paru-paru. (Foto ilustrasi: Shutterstock) Pada tikus serangan flu yang parah bisa berefek samping tumbuhnya sel pengecap di paru-paru. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta - Setiap tahunnya bisa ada jutaan orang terinfeksi virus influenza atau flu apalagi di musim dingin. Salah satu virus, Influenza A, misalnya bertanggung jawab terhadap sekitar setengah juga kematian di seluruh dunia karena bisa menimbulkan gejala cukup parah.

Terkait hal tersebut baru-baru ini peneliti dari University of Pennsylvania menemukan tampaknya kasus infeksi flu yang parah tampaknya bisa memiliki efek jangka panjang aneh. Studi pada tikus laboratorium melihat bisa tumbuh sel pengecap di paru-paru mereka.


"Sangat aneh untuk melihat sel pengecap karena normalnya tidak ada di paru-paru... Paling dekat biasanya kita temukan di trakea," kata salah satu peneliti Andrew Vaughan, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (2/4/2019).

Sel pengecap sendiri adalah sel yang umum ditemukan di lidah berfungsi untuk menangkap rasa makanan. Ketika sel pengecap tumbuh di paru-paru menurut peneliti hal tersebut bukan tanda yang baik karena paru-paru akan kehilangan efektivitasnya untuk bertukar oksigen.

Peneliti menyebut perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek yang sama terjadi pada manusia. Peneliti akan mengambil sampel paru-paru manusia membuktikan apakah sel pengecap juga muncul setelah flu.




Simak Juga 'Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed