Selasa, 02 Apr 2019 12:10 WIB

Biar Bulu Kucing atau Anjing Nggak Rontok Lagi Begini Caranya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
kerontokan bulu pada hewan peliharaan bisa jadi salah satunya karena alergi. (Foto ilustrasi: Alfons-detikcom) kerontokan bulu pada hewan peliharaan bisa jadi salah satunya karena alergi. (Foto ilustrasi: Alfons-detikcom)
Jakarta - Kerontokan bulu pada kucing atau anjing kesayanganmu membuat bulunya menempel pada baju atau area mana pun di rumah. Belum lagi kalau dapat komplain dari mama, waduh harus bagaimana ya?

Pertama-tama, kamu harus tahu penyebab dari masalah dari hewan kesayanganmu.

"Sebenarnya kerontokan sendiri ada dua faktor, ada fisiologis sama patologis. Kalau fisiologis memang itu normalnya, jadi ada musim untuk menggugurkan rambut gitu setahun dua kali, itu tergantung dengan rasnya juga sih," ujar drh Elvinka Ruth, saat ditemui usai acara 'Talkshow Media Pro Balance, Feed the Finest' , Selasa (1/4/2019), Jakarta Pusat.

Teruntuk kucing dan anjing memiliki rambut panjang, mereka akan lebih sering mengalami kerontokan. Namun, kalau nggak pada musim menggugurkan bulu tapi masih rontok parah juga, coba cek deh kucing atau anjing kamu. Jangan-jangan kerontokan itu dikarenakan penyakit.


"Patologis itu biasanya disebabkan jamuran, kutuan, itu bisa menyebabkan rambut rontok," tambahnya.

Ada juga penyebab lainnya seperti alergi karena pakan makan yang kurang cocok. Pokoknya, kamu harus lebih teliti lagi mengenai penyebab si manis mengalami bulu rontok. Kan kasihan, selain kelihatan kurang cantik, hewan peliharaan kita jadi merasa tidak nyaman.

Tambahan saran dari drh Elvinka, demi menjaga keindahan bulu dan kulit hewan kesayangan, kamu bisa menambahkan vitamin atau minyak ikan pada makanan kucing atau anjing kesayanganmu. Semoga bulunya nggak rontok lagi ya!





Simak Juga 'Cara Unik Kucing-kucing Ini Minta Makan':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed