Selasa, 02 Apr 2019 12:40 WIB

Tiga Bahan yang Sering Dipakai Jadi Katup Jantung Pengganti

Firdaus Anwar - detikHealth
Operasi katup jantung dilakukan untuk mengganti katup jantung yang rusak. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Operasi katup jantung dilakukan untuk mengganti katup jantung yang rusak. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Penyanyi grup band The Rolling Stones, Mick Jagger, tengah menghadapi kondisi medis yang membuatnya terpaksa menunda tur di Amerika dan Kanada. Belakangan Mick dikabarkan akan segera menjalani operasi katup jantung dan diprediksi dapat segera pulih.

"Mick Jagger disarankan dokter untuk tidak menjalani tur dulu karena membutuhkan perawatan medis. Dokter menyebut Mick akan segera pulih jadi dia bisa kembali ke atas panggung secepatnya," ujar perwakilan band seperti dikutip dari Rolling Stone, Selasa (2/4/2019).


Dikutip dari American Heart Association, operasi katup jantung sendiri biasanya dilakukan ketika seseorang mengalami kondisi seperti penyempitan katup (stenosis) atau katup bocor. Dokter akan mengganti katup jantung yang rusak dengan bahan lain.

Ada tiga pilihan yang biasanya digunakan sebagai pengganti yaitu katup jantung mekanik, katup jantung bioprostetik, atau katup jantung dari donor.

Katup jantung mekanik terbuat dari plastik atau metal dengan daya tahan lama bisa sampai seumur hidup. Sementara itu katup jantung bioprestetik terbuat dari jaringan hewan dengan daya tahan menengah sehingga seorang pasien mungkin membutuhkan operasi lanjutan dalam hidupnya.

"Katup jantung dari donor manusia adalah pilihan yang paling tidak umum dan biasanya digunakan untuk seorang pasien dengan penyakit yang memengaruhi katup sepeti endokarditis infektif. Katup dari donor diperkirakan bisa bertahan 10-20 tahun," tulis American Heart Association.





Simak Juga '5 Cara Penting Jaga Jantung Sehat ala Mikha Tambayong':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed