Selasa, 02 Apr 2019 14:35 WIB

Operasi Katup Jantung seperti Mick Jagger, Berapa Lama Pemulihannya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Mick Jagger dijadwalkan operasi katup jantung (Foto: Fiona Goodall) Mick Jagger dijadwalkan operasi katup jantung (Foto: Fiona Goodall)
Jakarta - Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger, dijadwalkan akan menjalani operasi katup jantung. Dilaporkan oleh Drudge Report, Mick akan menjalani operasi katup jantung pada Jumat (5/4) di New York.

"Mick Jagger disarankan dokter untuk tidak menjalani tur dulu karena membutuhkan perawatan medis. Dokter menyebut Mick akan segera pulih jadi dia bisa kembali ke atas panggung secepatnya," kata perwakilan band, dikutip dari Rolling Stone, Selasa (2/4/2019).

Jantung memiliki empat klep atau katup. Ketika terjadi kerusakan di klep yang mana saja tentu akan menyebabkan permasalahan pada fungsi jantung.

"Mestinya ada pintu yang harusnya menutup itu tidak menutup atau terbuka dengan baik. Nah, itu tergantung dari klep mana yang rusak, karena ada kerusakan klep beban jantung jadi meningkat. Karena pintu masuk yang menutup rusak kan berarti volumenya jadi bertambah, atau perputaran darahnya menjadi tidak benar dalam jantung," jelas Dr Dicky Armein Hanafy, SpJP (K) FIHA, di sela acara Press Conference Inovasi Alat Pacu Jantung Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Gagal Jantung, di RS Columbia Asia, Pulo Mas.



Akibatnya kerja jantung bertambah, akhirnya penyakit katup jantung bisa menjadi gagal jantung juga. Pada penyakit gagal jantung akibat masalah klep, ada dua pilihan yang dapat ditempuh untuk upaya pengobatan yakni apakah katup diganti atau diperbaiki.

"Kan ada perbaikannya dua cara, tergantung katupnya, ada yang tanpa operasi hanya dengan kateter aja, jadi perbaiki katupnya dengan kateter itu. Indonesia bisa tapi harganya sudah mahal sekali. Umumnya dirawat 2-3 hari juga sudah boleh pulang, rehabilitasinya juga lebih cepat," ungkap dr Dicky.

Namun ada juga yang menjalani operasi operasi jantung terbuka entah dengan menjahit klep yang rusak atau sekaligus menggantinya dengan katup biologis atau mekanik. Umumnya, pemulihan selama dirawat di rumah sakit butuh waktu seminggu akan tetapi perlu rawat untuk rehabilitasi 3 bulan.

"Tidak dirawat kalau rehabilitasi, jadi itu (rehabilitasi --red) untuk fasenya balik ke society. Dia memulai aktivitas lagi, jantungnya beradaptasi dengan katup baru ini," tutur dr Dicky.




Simak Juga 'Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed