Selasa, 02 Apr 2019 17:50 WIB

5 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

Ayunda Septiani - detikHealth
Gatal di selangkangan memang menyebalkan (Foto: thinkstock) Gatal di selangkangan memang menyebalkan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Selangkangan yang gatal bisa sangat menyebalkan. Tapi menggaruk hanya membuat situasinya lebih buruk. Untuk menenangkan kulit sensitif di daerah selangkangan, kamu perlu mencari tahu apa yang ada di balik rasa gatal tersebut.

Jika tidak rutin menjaga kebersihan daerah genital akan membuat daerah tersebut berkeringat dan lembab. Selain itu, adanya rambut kemaluan membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang. Hal inilah yang memicu orang mengalami gatal di selangkangan.



Dikutip dari beberapa sumber, detikHealth sudah rangkum 5 penyebab gatal pada selangkangan dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Infeksi jamur

Selangkangan merupakan lokasi paling empuk untuk jamur berkembang dengan cepat karena lembap dan hangat. Umumnya penyebab gatal di selangkangan merupakan akibat dari infeksi jamur di bagian terluar dari kulit, terutama di daerah selangkangan.

Tinea cruris ialah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yang biasa dikenal kurap. Dalam banyak kasus, keberadaan jamur tidak berbahaya. Akan tetapi, jamur ini bisa berkembang dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah yang tinggalinya hangat dan lembap.

Inilah sebabnya, mengapa kurap lebih sering muncul di kulit di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong. Penyakit ini sangat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung melalui kulit. Selain itu, berbagi handuk dengan orang yang terinfeksi dan jarang mandi juga bisa meningkatkan kamu terkena infeksi ini.

SOLUSI: Jika penyebab gatal di selangkangan adalah karena infeksi jamur, kamu dapat mengobatinya dengan menggunakan krim atau salep kulit antijamur tanpa resep dokter yang bisa ditemukan di apotek atau toko obat.

Gunakan krim antijamur atau bubuk yang mengandung terbinafine, miconazole, clotrimazole atau butenafine. Krim antijamur ini dapat membantu melawan jamur yang menyebabkan selangkangan gatal. Selain itu, penggunaan krim zinc, seperti Destin dapat meredakan rasa gatal.

2. Intertigo

Intertrigo sebuah peradangan di kulit yang muncul di antara lipatan kulit. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri dan jamur yang seharusnya tidak melekat pada kulit.
Peradangan kulit ini dapat diperburuk oleh banyak faktor seperti kelembapan, cuaca panas, kurangnya sirkulasi udara

Area yang mengalami intertrigo tampak kemerahan atau kecokelatan, ruam besar tepat di lipatan yang dipisahkan dengan segaris putih. Kulit kamu juga mungkin tampak kering dan berkecak, terasa sangat gatal, bahkan hingga mengeluarkan bau tak sedap yang berbeda dari bau badan biasanya.

SOLUSI: Cara mengobatinya, kamu bisa membeli krim antibakteri seperti neosporin dan krim antijamur, seperti Lotrimin, dapat merawat bakteri dan jamur. Dan krim seng, seperti Desitin, melindungi kulit dari lebih banyak gosokan. Jika ruam berlanjut selama satu hingga dua minggu, pergilah ke dokter kulit Anda

3. Dermatis kontak

Dermatis kontak bisa memengaruhi bagian tubuh manapun termasuk pangkal paha kamu. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu alergi dan iritasi. Dermatitis kontak alergi muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu yang tidak berbahaya. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengalami kontak dengan sabun, shampo, dan bahkan deterjen.

Sedangkan dermatitis kontak iritasi, ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Iritasi bisa bervariasi mulai dari keringat, urin, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan. Pada umumnya gatal akibat dermatitis kontak tidak parah, namun dapat mengganggu.

SOLUSI: Konsultasikan dengan dokter.



4. Iritasi

Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat kamu berlari atau berjalan dapat menyebabkan kulit paha menjadi sensitif dan meradang. Jika kamu menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal ini akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit sehingga membuat kulit menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal dan bahkan bersisik.

Ruam kemerahan ini juga akan membuat kamu tidak nyaman saat memakai gaun, rok, atau celana. Terutama jika pada saat itu cuaca sedang panas-panasnya. Jika tidak segera diobati, kulit yang basah dan lembap akibat keringat dapat membuat lecet semakin parah.

SOLUSI: Agar tidak iritasi hindari memakai pakaian ketat (seperti celana jeans) selama beraktivitas, apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Pasalnya celana jeans yang ketat dapat menyebabkan timbulnya gesekan pada selangkangan dan organ genital. Maka tak heran, kalau organ genital jadi gampang lecet, gatal, dan memerah jika pakai celana jeans yang terlalu lama.

5. Kutu Kemaluan

Kutu adalah parasit yang bisa menyebabkan kulit gatal. Jika mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan, bisa jadi kamu terkena kutu kemaluan.

Kutu kelamin alias Phthirus pubis adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan. Kutu kemaluan jika dilihat menggunakan kaca pembesar terlihat seperti kepiting, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan berwarna kekuningan, abu-abu, atau kecoklatan.

Jika terkena kutu kelamin, maka akan sering merasakan gatal di selangkangan yang parah. Rasa gatal ini umumnya memburuk di malam hari ketika kutu lebih aktif dan memakan darah manusia.

SOLUSI: Kamu bisa menghilangkan kutu kelamin dengan sabar. Metode ini dilakukan dengan cara rajin membersihkan diri sendiri dan barang-barang pribadi yang terkontaminasi. Pilihan losion dan sampo yang dirancang untuk membunuh kutu. Biasanya sampo antikutu ini banyak dijual di pasaran atau toko obat. Tapi ingat, selalu perhatikan aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

(up/up)