Rabu, 03 Apr 2019 17:35 WIB

Ayu 'Poliandri' Suntikkan Kolagen ke Keluarga Suami Kedua, Isinya Apa Sih?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ayu akui suntik kolagen ke mertua dari suami keduanya. Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom Ayu akui suntik kolagen ke mertua dari suami keduanya. Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Jakarta - Ayu 'poliandri' atau Komang Ayu Puspa Yeni alias Ayu mengaku pernah menyuntikkan mertua dari suami keduanya. Ia mengaku menyuntikkan kolagen. Ia pun menyangkal melakukannya sebagai tipu daya sebagai dokter.

"Iya, itu nyuntik kolagen, kan saya sudah mengikuti semua (pelatihan) memasukkan infus, tapi itu hanya mencari vena yang untuk whitening. Kalau untuk yang lain saya nggak tahu, hehe," kata Ayu.

Sebenarnya apa sih kolagen itu? Beberapa waktu lalu, dr Adhimukti T. Sampurna, SpKK, FINSDV, Chief Medical and Ancillary Services Officer di Bamed Skin Care menjelaskan soal kolagen. Menurutnya, kolagen suntik itu biasanya berisikan vitamin C dan antioksidan. Antioksidan yang banyak digunakan yakni thationil atau glutathione.


"Cuma kalau ditambahin kolagen murni, kalau kolagen benar ya, kolagen itu enggak bisa diserap sama dinding pembuluh darah. Jadi harusnya dia akan membentuk plak, kemudian membentuk sumbatan, bisa stroke. Tanya dulu, Dok kolagen itu apa sih?" tambah dr Adhimukti.

Selain itu, dr Jonathan R. Subekti, SpKK, menjelaskan kolagen itu bentuknya menyerupai jaringan ikat, sehingga sepertinya tidak mungkin untuk menyuntikkan kolagen murni ke dalam tubuh.

"Kolagen tau enggak sih itu kayak apa? Itu kayak jaringan ikat, kikil sapi deh. Itu disuntik ke pembuluh darah kan enggak bisa, mati, dan dia buat ke dalam cairan untuk disuntikkan itu enggak bisa. Bentuknya itu gel ke pembuluh darah," ujarnya.

"Setahu saya enggak ada (suntik kolagen murni), isinya vitamin C sama antioksidan. Tapi kan kalau jualnya kolagen lebih menjual?" tandasnya.



EKSKLUSIF! Pengakuan Suami Ayu Poliandri yang Diporotin Miliaran, Simak Videonya:
(ask/up)
News Feed