Kamis, 04 Apr 2019 07:15 WIB

Selalu Merasa Lelah? 7 Hal Berikut Bisa Jadi Alasannya (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kalau usai bangun tidur masih terasa lelah, berarti ada yang salah. (Foto: iStock)
Jakarta - Terus-terusan merasa lelah, namun tak tahu apa penyebabnya pasti terasa menyebalkan. Sudah melakukan segala hal untuk mengatasinya namun tetap saja rasa lelah itu tidak hilang. Duh!

Rasa lelah bisa timbul karena beberapa hal, dan bahkan dari hal-hal simpel yang biasa kita lakukan tiap hari. Jika hal ini terjadi padamu, mulai perhatikan dan hindari melakukan hal-hal berikut ini, dirangkum dari health.com:


1. Susah menolak
Susah menolak orang lain dengan dalih ingin menyenangkan mereka bisa menguras habis energi dan rasa bahagiamu. Yang lebih buruknya lagi, bisa membuatmu dendam dan marah akhirnya. Latih dirimu untuk berkata tidak saat diminta oleh orang lain sesuatu yang di luar kemampuan, atau memang sudah memiliki rencana sendiri.

2. Meja kantor berantakan
Meja kerja yang berantakan sangat berpengaruh pada rasa lelahmu, karena membatasi kemampuanmu untuk fokus dan kemampuan otak untuk memproses informasi, menurut sebuah studi dari Princeton University. Di akhir hari, pastikan kerjaanmu dan barang-barang pribadi dirapikan, agar membantumu memiliki awal yang positif untuk memulai hari di keesokan hari.

3. Liburan masih bekerja
Terus-terusan mengecek email saat seharusnya kamu sedang bersantai di pinggir pantai membuatmu berisiko burnout. Cobalah untuk mematikan ponsel atau menjauhkannya dan buatlah tubuh dan pikiranmu rileks untuk meremajakannya dan kembali ke kantor lebih kreatif, produktif, dan efektif.

4. Alkohol sebelum tidur
Mungkin terdengar sebagai ide bagus, namun justru bisa jadi bumerang nantinya. Alkohol mulanya menekan sistem saraf pusat, memproduksi efek sedatif namun bisa menyabotase pengaturan tidur. Saat dimetabolisme, alkohol membuat efek rebound dan memunculkan adrenalin mendadak sehingga membuatmu bisa terbangun di tengah malam sehingga terasa lelah keesokan harinya.


5. .. Atau main gadget
Sinar cahaya layar gadget bisa mengganggu ritme alamiah sirkadian tubuh dengan menekan melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Sensitivitas atas luminasi atau cahaya gadget ini berbeda-beda tiap orangnya, namun secara umum hindarilah semua jenis gadget setidaknya satu -dua jam sebelum tidur. Atau, lihatlah dengan jarak setidaknya 7 sentimeter dari mata untuk mengurangi risiko gangguan tidur.

6. Kopi biar melek
Sama halnya seperti alkohol, minum kopi sebelum tidur bisa membuatmu terbangun tengah malam ataupun sulit tidur dan insomnia akibat kandungan kafein. Dengan waktu dan kualitas tidur yang berkurang bisa membuatmu sangat lelah esok harinya.

7. Begadang di akhir pekan
Sering kali kita memanfaatkan akhir pekan untuk melakukan segala aktivitas yang kita inginkan di luar pekerjaan. Dan lalu berujung begadang semalaman, sehingga membuat sulit tidur dan merasa lelah. Jika memang ada kegiatan yang mengharuskanmu begadang, aturlah alarmmu untuk bangun di waktu seperti biasanya, lalu atur lagi waktu untuk tidur siang sekitar 20 menit.

(frp/up)