Kamis, 04 Apr 2019 09:35 WIB

Vokalis Imagine Dragons, Dan Reynold Kampanyekan Penyakit Autoimun

Firdaus Anwar - detikHealth
Dan Reynolds beruntung bisa mendapat pengobatan yang tepat untuk penyakit yang jarang diketahui. (Foto: Getty Images) Dan Reynolds beruntung bisa mendapat pengobatan yang tepat untuk penyakit yang jarang diketahui. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Vokalis grup band Imagine Dragons, Dan Reynold (31), pertama kali menyadari ada masalah dengan kesehatannya tahun 2012 lalu. Saat itu ia mulai merasakan nyeri yang perlahan menyebar dimulai dari panggul.

Dan berkali-kali menemui dokter namun perlu waktu sampai akhirnya ia didiagnosa dengan penyakit 'tersembunyi' ankylosing spondylitis (AS). Kondisi autoimun ini memengaruhi tulang punggung hingga kadang bisa menyebabkan tulang saling menyatu.


"Karier saya waktu itu baru mulai jadi saya berpikir 'ok, saya tidak bisa tampil di atas panggung lagi'. Saya sangat kesakitan," kata Dan seperti dikutip dari Fox News, Kamis (4/3/2019).


"Rasanya sangat membuat frustasi, kamu berpikir 'apa yang salah dengan diri saya dan kenapa saya berbeda dari orang lain?'" lanjutnya mendeskripsikan sakit AS seperti tulang dibor.

Hingga akhirnya pada tahun 2018 ayah dari tiga orang anak ini berhasil bebas dari AS.

Kini Dan mengkampanyekan AS lewat program 'Monster Pain in the AS' agar lebih banyak orang tahu dan bisa menemukan jawaban atas kondisi yang mungkin juga menimpanya. Dan ingin agar tidak ada orang yang harus menahan sakit selama bertahun-tahun akibat misdiagnosis.

"Tujuan kampanye saya adalah supaya membuat AS jadi hal umum," pungkas Dan.



Simak Juga "Ibunda Mikha Tambayong Berpulang Karena Mengidap Autoimun":

[Gambas:Video 20detik]



Vokalis Imagine Dragons, Dan Reynold Kampanyekan Penyakit Autoimun
(fds/up)