Kamis, 04 Apr 2019 14:50 WIB

Legenda Sepak Bola Pele Terserang Infeksi Kandung Kemih, Kenali Gejalanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Pele dikabarkan kena infeksi kandung kemih. (Foto: Mary Turner/Getty Images for Halcyon Gallery)
Jakarta - Legenda sepak bola Brasil Pele (78) dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit usai bertemu dengan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe. Diduga Pele mengalami infeksi kandung kemih sehingga perlu dirawat selama beberapa hari.

"Dia di rumah sakit minum antibiotik. Dokter memperkirakan ia bisa pulih dalam dua hari ke depan," kata juru bicara Pele, Pepito Fornos, seperti dikutip dari CNN pada Kamis (4/4/2019).


Infeksi saluran kencing sendiri merupakan penyakit infeksi akibat bakteri di saluran kencing. Bakteri tersebut menempel dan berkembang biak di saluran kemih. Jika tidak ditangani dengan segera, bukan tidak mungkin menjalar hingga ke ginjal.

Gejala yang ditimbulkan mulai dari demam, sakit di bagian perut, sering merasa ingin kencing atau anyang-anyangan, hingga sensasi seperti terbakar saat buang air kecil.

Pele diketahui memang pernah memiliki masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh pada tahun 2015 ia pernah dirawat karena pembesaran prostat dan juga tahun 2018 lalu untuk menjalani cuci darah.

Meski sudah pensiun Pele tetap menjadi perhatian publik sebagai duta olahraga.

(fds/up)