Jumat, 05 Apr 2019 10:22 WIB

5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Coba minum air hangat saat kamu baru bangun tidur. (Foto: iStock) Coba minum air hangat saat kamu baru bangun tidur. (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap hari manusia dianjurkan untuk minum sekitar dua liter air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ada orang yang suka minum air dingin, tapi ada juga yang lebih suka airnya hangat.

Tiap orang mungkin punya alasannya masing-masing, namun tahukah kamu kalau kebiasaan minum air hangat bisa menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut manfaat air hangat untuk kesehatan:


1. Ringankan konstipasi

Konstipasi adalah kondisi tidak mengenakkan yang bisa terjadi pada saluran cerna dan bisa disebabkan akibat kurangnya cairan tubuh.

Minum air hangat di pagi hari dilaporkan Medical Daily dapat membantu memperbaiki pergerakan usus dan proses pencernaan makanan. Dengan stimulasi tersebut diharapkan fungsi saluran cerna tubuh dapat kembali normal.

2. Redakan nyeri

Air hangat sering disebut sebagai obat pereda nyeri alami, biasa dikonsumsi saat seseorang menstruasi hingga sakit kepala. Panas dari air hangat diketahui memiliki efek menenangkan pada otot-otot perut, yang dapat membantu memberikan efek instan untuk kram dan kejang otot.

Menurut Healthline, minum air hangat biasanya lebih baik untuk kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu mengendurkan otot-otot yang kram.

3. Bantu diet

Air hangat yang dicampur lemon disebut ahli nutrisi Stella Metsovas dari Food and Nutrition Sciences bagus untuk diet. Hal ini karena air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang berhubungan dengan metabolisme dan lemon berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan.

"Dokter merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari, biasanya dengan lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh," kata Stella kepada Medical Daily.

4. Cegah penuaan dini

Menurut Life Hack akumulasi toksin di dalam tubuh dapat membuat sel-sel menua lebih cepat. Dampaknya seseorang akan jadi lebih rentan terhadap penyakit degeneratif.

Untuk mengatasinya rajin minum air hangat dapat membantu membuang toksin dan memperbaiki sel kulit yang membutuhkan cairan. Kulit yang lebih elastis bisa bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya keriput.

5. Membuat tidur nyenyak

Minum segelas air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tidur nyenyak berkualitas.



5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan
(fds/up)