Sabtu, 06 Apr 2019 15:10 WIB

Lemak Vs Karbohidrat, Mana yang Bikin Gemuk?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Karbohidrat dan lemak sering disebut jadi penyebab kegemukan. (Foto: iStock) Karbohidrat dan lemak sering disebut jadi penyebab kegemukan. (Foto: iStock)
Jakarta - Karbohidrat dan lemak kerap dituding sebagai penyebab peningkatan berat badan. Keduanya sebetulnya diperlukan tubuh dalam jumlah cukup.

Menurut dokter ahli penyakit dalam dan obesitas Eric C Westman, konsumsi karbohidrat mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh. Insulin adalah zat yang diperlukan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi.

"Insulin adalah salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan berat badan. Semakin tinggi produksi insulin maka risiko menjadi gendut hingga obesitas juga makin besar," kata Westman pada Indonesia International Low Carb Conference (IILCC), Sabtu (6/4/2019).


Karbohidrat sebetulnya menjadi sumber energi utama di dalam tubuh. Namun jika aktivitas yang dilakukan tidak terlalu banyak, maka energi disimpan menjadi cadangan di dalam tubuh makin besar. Selain gemuk, kelebihan karbohidrat juga berisiko mengakibatkan diabetes.

Konsumsi lemak yang tidak dibarengi aktivitas, sebetulnya juga berisiko menyebabkan kegemukan. Lemak menjadi cadangan energi yang disimpan di bawah lapisan kulit. Karbohidrat dan lemak harus dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh demi menjaga kesehatan.





Simak Juga 'Ternyata Gemuk Bisa Menular Lho!':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya