Sabtu, 06 Apr 2019 18:24 WIB

Hamish Daud Ikut Bangun Semalaman, Ini Tips Sehat buat Para 'New Dad'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hamish dan putrinya, Zalina. Foto: Instagram Hamish Daud Hamish dan putrinya, Zalina. Foto: Instagram Hamish Daud
Jakarta - Hamish Daud resmi menyandang status sebagai Ayah saat putri pertamanya lahir di bulan Februari 2019 lalu. Sebagai seorang ayah baru, Hamish mengaku ikut bangun semalam untuk membantu sang istri, Raisa Andriana, untuk merawat sang bayi.

"Wah (ikut bangun) semalaman ya," kata Hamish kepada detikHealth, saat ditemui di sela acara Press Conference WASI 'Upaya Pemecahan 3 Rekor Guinness World of Records' di JCC Senayan, Sabtu (6/4/2019).

[Gambas:Instagram]

Memiliki bayi apalagi saat pertama kali pasti membuat pasutri lelah baik mental maupun fisik. Terbangun semalaman, tidur tidak nyenyak, lelah menggendong atau mendengar tangisan sudah menjadi menu sehari-hari mereka.

Tak hanya sang ibu dan bayi, ayah baru juga perlu memerhatikan kesehatan mereka yang kadang terabaikan karena terlalu fokus pada keluarga. Dirangkum dari Independent, berikut 3 tips sehat buat para 'new dad' alias ayah baru:



1. Walau capek, jangan lupa berolahraga
Ayah baru cenderung bisa lelah dan kurang tidur, sudah pasti olahraga bukanlah prioritas yang ingin dilakukan. Namun sebenarnya, olahraga justru bisa mengatur ulang, membuat fokus dan menambah energi serta semangat.

Olahraga tak perlu ke gym, bisa dilakukan saat sang bayi tidur. Sekitar 15-20 menit olahraga seperti push up, plank atau yoga bisa dilakukan. Cobalah untuk memprioritaskan diri sendiri, karena ayah yang bahagia pasti akan membuat ibu dan anak juga bahagia, sehat, bugar dan kuat.

2. Makan sehat itu perlu
Tak hanya tidur, soal makan juga bisa berantakan bagi ayah baru. Bahkan pada beberapa keluarga, sang ayah harus mengambil alih dapur karena istri fokus pada sang bayi.

Pada ayah baru, sebisa mungkin masaklah makanan yang sehat. Disarankan untuk tidak terlalu mengandalkan karbohidrat berat, carilah lemak sehat dan protein untuk sumber energi.

3. Tunjukkan 'you're a good dad!'
Menunjukkan contoh sebagai seorang ayah yang baik tidak perlu menunggu saat anak bertumbuh besar. Ayah baru bisa memulainya bahkan sejak sang bayi lahir ke dunia. Menjadi panutan anak adalah impian seluruh orang tua.

"Indie menatapku saat aku masak. Saat itu aku dan Rosie akan mengobrol dan memasak dan membersihkan bersama. Dia (Indie) bahkan ikut ke gym saat aku sedang berlatih. Aku menyukainya, aku mengatur contoh bagi dia sejak muda," kata Joe Wicks alias The Body Coach, influencer kebugaran dan diet sehat di media sosial.

(frp/fds)