Minggu, 07 Apr 2019 16:35 WIB

7 Tanda Aneh yang Artinya Kamu Kurang Makan Sayur

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kurang sayur bisa bikin mudah lelah dan pelupa. Foto: Istock Kurang sayur bisa bikin mudah lelah dan pelupa. Foto: Istock
Jakarta - Kamu merasa sudah cukup mengonsumsi sayur-sayuran? Coba cek lagi, apakah kamu sudah terbebas dari sejumlah tanda-tanda kurang mengonsumsi sayur seperti yang berikut ini?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan kita untuk mengonsumsi 400 gram buah dan atau sayur setiap hari. Dikutip dari Romper, ternyata tujuh tanda ini bisa menunjukkan konsumsi sayur yang kurang. Yuk, tingkatkan lagi asupan seratmu!


1. Kok cemas mulu ya?

Dr Abby Sauer mengatakan tidak mendapatkan cukup sayur memicu reaksi alami tubuh Anda terhadap stres atau peradangan. Sayuran berdaun hijau itu mengandung folat, yang menciptakan dopamin dan membantu kamu tetap rileks. Jadi, jika kamu merasakan kecemasan yang tinggi atau merasa lebih tertekan daripada biasanya, bisa jadi kamu kurang makan sayur tuh.

2. Lelah terus

Kekurangan asam folat dan vitamin B dapat menyebabkan kelelahan dan bahkan anemia, menurut Live Strong. Apabila kamu tidak mendapatkan cukup sayuran berpati atau sayuran berdaun gelap, tanda ini bisa saja terjadi.

3. Perutnya kembung

Meskipun ada banyak penyebab ketidaknyamanan perut dan kembung, Daily Health Remedies mencatat bahwa tidak makan makanan yang tepat adalah penyebab paling umum. Sayuran memainkan peran utama dalam mencegah sakit perut karena mengandung serat, yang membantu pencernaan dan mencegah kembung.


4. Sakit

Sayuran memerankan peran penting dalam sistem imun, nah kalau kamu sering merasa nggak enak badan atau dikit-dikit sakit itu bisa jadi teguran buat kamu. Tahu nggak, banyak sayuran yang sejak dulu dipercaya sebagai obat misal saja jamur dan brokoli.

5. Gusi sering berdarah?

Menurut Reader's Digest, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan memar dan pendarahan di sekitar gusi. Beberapa sayuran terbaik untuk cemilan yang mengandung vitamin C adalah brokoli, kol, bayam, paprika dan kubis Brussel.

6. Sulit menurunkan berat badan

Ketika orang tidak mendapatkan cukup sayuran, mereka sering merasa lapar dan mengisi rasa lapar mereka dengan makanan yang tidak sehat. Sebagai hasilnya, kurang makan sayur seringkali menyebabkan kenaikan berat badan. Serius.

7. Sering lupa

Lupa sekali-kali oke deh, tapi kalau keseringan? Tidak makan sayur bisa berdampak pada kemampuan otak proses yang lebih lambat dan ketidakmampuan untuk mengingat sesuatu dengan mudah. Saran sih, ingatkan teman kamu yang lupa terus taruh kunci di mana buat tingkatkan konsumsi sayur, biar kamu nggak ditanya-tanya melulu, (ask/up)