Senin, 08 Apr 2019 20:05 WIB

5 Kelebihan Introvert yang Mungkin Tidak Dimiliki Kepribadian Lain

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemilik kepribadian introvert mungkin bisa memiliki kelebihannya sendiri. (Foto: Thinkstock) Pemilik kepribadian introvert mungkin bisa memiliki kelebihannya sendiri. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Orang dengan kepribadian introvert terkenal cenderung lebih senang menyendiri. Namun selain itu sebetulnya ada hal-hal yang bisa jadi kelebihan introvert lho!

Penulis Sophia Dembling dalam bukunya The Introvert's Way: Living a Quiet Life in a Noisy World menyebut orang-orang introvert paling sering disalahpahami. Entah bagaimana mulanya, introvert dipandang sebagai sifat negatif dan rintangan yang harus dilalui.

"Seorang introvert pasti paham, mereka selalu mendapat kritikan karena tak pernah berbicara di sekolah atau ajakan untuk 'keluar dari cangkang' oleh teman. Padahal kami, orang introvert, tidak masalah dengan hal tersebut," tutur Dembling, dikutip dari Huffington Post.

Hal-hal berikut bisa jadi contoh kelebihan introvert yang bisa tidak dimiliki orang dengan kepribadian lain:


1. Pemimpin bijak

Karena cenderung pendiam, banyak orang yang mengatakan introvert tak bisa menjadi pemimpin yang baik. Padahal menurut Dembling, hal tersebut tidak benar.

Beberapa tokoh seperti Bill Gates, Abraham Lincoln hingga Mahatma Gandhi merupakan orang introvert. Namun mereka juga dikenal sebagai orang-orang sukses yang mampu memimpin perusahaan, negara, hingga pergerakan revolusi.


"Introvert bisa menjadi pemimpin yang baik karena mereka lebih detil dan lebih banyak berpikir sebelum bertindak," tandas Dembling lagi.

2. Pendengar yang baik

Penulis buku "The Introvert Entrepreneur" Beth Buelow mengatakan kalau orang-orang introvert secara alami adalah pendengar yang baik. Saat mendengarkan cerita orang lain introvert akan mendengarkan secara seksama, mengolah informasi di dalam pikirannya, lalu memberikan respons.

Lawannya, ekstrovert, mungkin akan lebih sering untuk menyaut di tengah cerita.

3. Perhatian detail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain kemampuan mendengar orang-orang introvert juga bisa memiliki kemampuan perhatian terhadap detail yang baik.

Biasanya orang dengan kepribadian introvert menggunakan kemampuan menangkap detail ini untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh seorang introvert lebih mungkin menangkap bahasa tubuh lawan bicaranya.

4. Teman dekat yang baik

Karena introvert tidak terlalu suka menghabiskan waktu dengan banyak orang, bukan berarti ia tidak bisa berteman. Introvert justru bisa jadi teman dekat apalagi dengan kualitasnya sebagai pendengar dan pemerhati yang baik.

5. Pasangan ideal

Karena introvert suka menghabiskan waktunya sendiri, ia bisa tahu kapan harus menemani pasangan kapan harus membiarkannya. Dalam hubungan asmara yang sehat bukan berarti setiap saat setiap waktu harus selalu berduaan.

"Kita tidak akan jadi sangat menempel pada pasangan atau butuh perhatian yang tinggi," kata Beth.

(fds/up)