Selasa, 09 Apr 2019 08:34 WIB

Dipakai Fahmi Bo untuk Obati Stroke, Bagaimana Dokter Melihat Terapi Akupunktur?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Aktor Fahmi Bo masih menjalani pengobatan akupunktur. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Aktor film Lupus Milenia, Fahmi Bo, dinyatakan sembuh setelah dikabarkan mengidap stroke beberapa waktu lalu. Kini Fahmi berfokus pada pengobatan akupunktur untuk melancarkan penyumbatan darah di kakinya.

Akupunktur cukup banyak diminati sebagai salah satu alternatif pengobatan. Terkadang orang juga mengandalkan akupunktur, namun apakah bisa metode ini menggantikan pengobatan medis?



"Akupunktur tidak menggantikan pengobatan medis, tetapi bekerja secara sinergis, saling melengkapi sehingga waktu penyembuhan bisa lebih cepat," jawab ahli akupunktur dr Adiningsih Srilestari, SpAk(K), MEpid, MKes kepada detikHealth, Senin (8/4/2019).

Selain untuk pengobatan penyakit, dr Adiningsih menyebutkan akupunktur juga bisa digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh pada orang sehat. Akupunktur dapat dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Pada bulan Oktober 2018 lalu, Fahmi dikabarkan stres dan mengalami tekanan darah tinggi sebelum terkena serangan stroke. Setelah dicek, ternyata gula darah, kolesterol dan tekanan darahnya tercatat tinggi, ia disarankan untuk istirahat total terlebih dahulu.

(frp/up)