Selasa, 09 Apr 2019 09:01 WIB

Perut Buncit dan Terasa Keras? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Jangan sepelekan perut buncit karena bisa jadi sarang penyakit (Foto: Istock) Jangan sepelekan perut buncit karena bisa jadi sarang penyakit (Foto: Istock)
Jakarta - Perut buncit selalu jadi masalah. Faktanya, jika memiliki lemak perut berlebih dan sulit disentuh, itu bisa menjadi tanda bahwa berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius.

Kamu pasti akan merasa malu jika mempunyai perut buncit, dan tidak tampil percaya diri saat mengenakan baju saat bertemu orang penting. Kamu tidak mau kan terus menerus punya perut buncit? Yuk simak 5 hal inimungkin menjadi penyebab perut kamu terasa buncit, dikutip dari Men's Health.



1. Penumpukan lemak keras
Ketika menumpuk di perut, itu mendorong dinding perut untuk ke luar, yang memberi kesan memiliki usus. Dan sementara lemak itu sendiri sebenarnya tidak keras, jaringan yang membentuk perut kamu, itulah sebabnya terasa kaku ketika kamu menyentuhnya.

Sementara, perut yang keras dan menonjol disebabkan oleh penumpukan lemak visceral, perut lunak disebabkan oleh lemak subkutan, yang terletak dekat dengan permukaan kulit. Jika kamu memiliki lemak perut subkutan, perut akan terasa kenyal dan lebih lembut saat disentuh. Tidak seperti lemak visceral, lemak subkutan juga dapat dicubit lho.

2. Keturunan
Apa yang menyebabkan penumpukan lemak visceral ini? Beberapa di antaranya mungkin disebabkan oleh faktor genetik.

Pada kenyataannya, sebuah studi tahun 2014 mengidentifikasi tiga gen yang terkait dengan rasio pinggang-pinggul atau Waist to Hip Ratio (WHR), yang menentukan berapa banyak lemak visceral yang kamu miliki.



3. Pria cenderung punya perut buncit
Penelitian lain telah menyebutkan bahwa wanita lebih sadar akan lemak yang menumpuk pada tubuhnya, dan berusaha sekuat mungkin untuk berolahraga, bahkan diet sekalipun.

Sedangkan pria, lebih rentan untuk mempertahankan lemak yang ada di perut. Mungkin saja karena tuntutan pekerjaan, jadi tidak punya waktu untuk olahraga.

4. Tidak banyak bergerak
Diet dan gaya hidup sehat juga berperan penting bagi tubuh. Gaya hidup yang tidak aktif, seperti tidak pernah berolahraga, akan mempertahankan lemak di perut lho detikers. Jika tidak ada gerakan dalam perut, maka lemak akan menumpuk dan menjadi buncit.

Cobalah olahraga yang berfokus pada perut, seperti sit-up, plank, dan pull-up selama 10-15 menit dalam sehari.

5. Tidak diet
Perut buncit akan terjadi jika kamu memiliki berat badan yang berlebih. Dengan tidak mengontrol makan, dan tidak menerapkan diet sehat, maka perut kamu akan selalu buncit.

Saat makan siang, bisa saja kamu memakan apa saja yang diinginkan maka perut buncit akan selalu buncit. Tapi jangan lupa, diimbangi juga dengan olahraga ya.

(up/up)