Selasa, 09 Apr 2019 12:31 WIB

Keluhkan Sakit, Rupanya Lebah Makan Kelenjar Air Mata Wanita Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi lebah keringat. Foto: Istock
Jakarta - Seorang wanita di Taiwan harus mengalami mimpi buruk setelah mengetahui infeksi di matanya disebabkan oleh lebah yang 'hidup' di dalam matanya. Kasusnya disebut sebagai 'yang pertama di dunia', dokter dari Fooyin University Hospital di Taiwan berhasil mengambil empat lebah dari kantung matanya.

Menurut Daily Mail, wanita yang diketahui bernama He, sedang membersihkan makam keluarga dan mencabuti rumput liar ketika ada serangga terbang ke matanya. Ia menyebut dirinya kelilipan, namun mengira hanya debu atau pasir dan mencoba membasuhnya dengan air.

Akan tetapi malam harinya, matanya mendadak berair dan muncul rasa sakit yang tidak tertahankan. Ia membawanya ke rumah sakit dan didiagnosis dengan cellulitis dan keratitis, yakni infeksi kulit yang disebabkan bakteri dan radang kornea.


Dr Hung Chi-ting, kepala oftalmologi di rumah sakit tersebut mencoba melihat matanya melalui mikroskop. Namun yang ia temukan adalah kaki serangga bergerak-gerak di kantung matanya. Ia mengambil empat lebah keringat hidup yang memakan air mata He.

"Aku melihat sesuatu yang tampaknya seperti kaki serangga, jadi aku menarik mereka di bawah mikroskop satu persatu tanpa merusak tubuh mereka. Ada empat lebah keringat," kata Dr Hung.

Lebah keringat atau sweat bee tidak agresif, namun mereka tertarik dengan keringat manusia dan bukan madu. He kini diperbolehkan pulang dan telah pulih. Untungnya He tidak menggosok matanya saat ia merasakan nyeri, karena bisa menghancurkan dan membunuh lebah tersebut dan membuat masalahnya lebih serius bahkan bisa menyebabkan kebutaan.




Simak Juga 'Wanita Ini Alergi Air Mata dan Rambutnya Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/wdw)