Selasa, 09 Apr 2019 22:22 WIB

Sering Terbangun Tengah Malam? Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Sering terbangun pada malam hari bisa jadi pertanda buruk (Foto: Thinkstock) Sering terbangun pada malam hari bisa jadi pertanda buruk (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bangun sekali di malam hari adalah hal yang normal bagi beberapa orang, tetapi bangun beberapa kali selama tidur di malam hari akan menyulitkanmu. Hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya.

Jika kamu terus-menerus terbangun di malam hari, maka tidur tidak akan pulas dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Akibatnya, keesokan harinya akan terasa kantuk yang berlebih. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tidur yang terganggu di malam hari.



Meskipun hal-hal seperti ini dapat dihilangkan dengan perubahan gaya hidup sederhana, mungkin beberapa kondisi medis bisa mendasarinya. Jika kamu terbangun beberapa kali di malam hari, berikut adalah beberapa alasannya, dikutip dari Time Of India.

1. Sleep apnea
Beberapa orang yang menderita sleep apnea bahkan tidak menyadarinya. Gangguan pernapasan saat tidur disebut sleep apnea dan jeda ini dapat membangunkan kamu.

Akibatnya juga bisa menyebabkan kantuk di siang hari. Jika kamu menderita gejala-gejala seperti mendengkur, terengah-engah atau sakit kepala ketika kamu bangun atau kesulitan berkonsentrasi di siang hari, temui dokter sesegera mungkin.



2. Parno saat tidur
Mimpi buruk dan parno (paranoid) malam hari adalah hal berbeda. Selama parno melanda, orang yang menderita tersebut bangun tetapi tidak menyadari apa yang terjadi. Dalam kebanyakan kasus, mereka juga tidak mengingatnya saat bangun tidur. Jika kamu pernah mengalami hal yang sama, temui spesialis tidur untuk meningkatkan kualitas tidur agar tidak merasa parno lagi.

3. Menghabiskan waktu dengan gadget
Kita semua sudah menyadari fakta bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di layar gadget dapat memengaruhi tidur kita. Lampu biru yang dipancarkan dari ponsel akan menjadi penyebab gangguan pada tidur kamu. Jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak, cobalah untuk tidak menonton televisi, atau tidak gunakan handhope sebelum tidur.

4. Depresi dan cemas
Depresi dan kecemasan dapat menyebabkan sulit tidur dan kelelahan. Kecemasan, depresi dan insomnia dapat berjalan beriringan. Pikiran yang gelisah dapat membuat sulit untuk tertidur atau tetap tertidur untuk waktu yang lama. Tidur yang bermasalah dapat menyebabkan kecemasan dan depresi juga lho.

(up/up)
News Feed