Rabu, 10 Apr 2019 08:01 WIB

Sikat Gigi Sebelum Vs Sesudah Sarapan, Mana yang Paling Baik?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi menyikat gigi di pagi hari. Foto: thinkstock Ilustrasi menyikat gigi di pagi hari. Foto: thinkstock
Jakarta - Satu hal tentang menyikat gigi yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan, yaitu menyikat gigi di pagi hari lebih baik sebelum sarapan atau sesudah sarapan?

Dikutip dari The Sun, British Dental Association menganjurkan menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pertama saat malam hari dan pada saat pagi atau siang hari.

"Jika di pagi hari adalah waktu pilihanmu untuk menyikat gigi, tidak masalah apakah kamu melakukannya sebelum atau setelah makan," kata juru bicara.

"Namun, jika menyikat gigi setelah sarapan, kamu harus menunggu satu jam sebelum menyikatnya," lanjutnya.

Mengapa harus menunggu selama satu jam? Karena biasanya sarapan dengan makanan mengandung asam, misal buah dan jus. Saat menyikatnya langsung setelah sarapan, secara tidak sadar kita menyikat enamel dari gigi.



Hal yang senada juga dikatakan oleh Marc Tennant, Profesor dan direktur International Research Collaborative Oral Health and Equity di University of Western Australia, menyikat gigi sebelum atau sesudah makan sepenuhnya bergantung pada diri kita sendiri, yang paling terpenting adalah melakukannya.

"Kenyataan tentang menyikat gigi adalah memecah bakteri yang tumbuh di gigi dan mengganggu bakteri jahat dan memberi kesempatan pada bakteri baik. Misi utamanya adalah: lakukan saja!" tegasnya dikutip dari Huffington Post.

Jika dirasa bakteri setelah tidur mengganggumu atau membuat sarapanmu tidak enak, maka kamu bisa menyikatnya sebelum makan. Jika ingin menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri setelah makan, ya kamu juga bisa melakukan setelahnya.

Jadi, detikers tim sikat gigi sebelum atau sesudah sarapan nih? Tulis alasanmu di kolom komentar ya!

(wdw/up)
News Feed