Rabu, 10 Apr 2019 15:03 WIB

Dalai Lama Mengalami Infeksi Dada, Ini Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dalai Lama alami sakit infeksi dada yang bisa mengancam jiwanya. (Foto: Getty Images) Dalai Lama alami sakit infeksi dada yang bisa mengancam jiwanya. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama dilarikan ke rumah sakit di New Delhi, India setelah mengalami infeksi di bagian dada. Saat ini, Biksu Buddha berusia 83 tahun itu dilaporkan dalam kondisi stabil.

Dilansir Reuters Rabu (10/4/2019), Dalai Lama yang pergi ke India sejak awal tahun 1959 setelah perlawanan gagal terhadap kepemimpinan China, tinggal dalam pengasingan di kota Dharamshala, India bagian utara.

"Pagi hari ini, Yang Mulia merasa tidak nyaman dan dia diterbangkan ke Delhi untuk check-up. Para dokter telah mendiagnosisnya dengan infeksi dada dan dia sedang dirawat untuk itu," sebut Tensin Taklha, sekretaris pribadi Dalai Lama, kepada Reuters.



Infeksi dada sering terjadi, terutama setelah pilek atau flu selama musim gugur dan musim dingin. Meskipun sebagian besar ringan dan membaik dengan sendirinya, beberapa bisa serius atau bahkan mengancam jiwa.

Dikutip dari NHS, infeksi dada adalah infeksi paru-paru atau saluran udara. Jenis utama infeksi dada adalah bronkitis dan pneumonia. Sebagian besar kasus bronkitis disebabkan oleh virus, sedangkan sebagian besar kasus pneumonia disebabkan oleh bakteri.

Infeksi ini biasanya menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Ini meluncurkan tetesan kecil cairan yang mengandung virus atau bakteri ke udara, di mana mereka dapat dihirup oleh orang lain.

Infeksi juga dapat menyebar ke orang lain jika Anda batuk atau bersin ke tangan Anda, benda atau permukaan, dan orang lain berjabat tangan atau menyentuh permukaan itu sebelum menyentuh mulut atau hidung mereka.

Kelompok orang tertentu memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi dada serius, seperti:

- Bayi dan anak kecil
- Anak-anak dengan masalah perkembangan
- Obesitas
- Orang tua
- Wanita hamil
- Perokok
- Orang dengan kondisi kesehatan jangka panjang, seperti asma, penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal, cystic fibrosis atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).
- Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

(kna/up)
News Feed