Kamis, 11 Apr 2019 10:30 WIB

Banyak Disebut dalam Pengeroyokan Audrey, Apa Itu Perundungan?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi korban bullying atau perundungan. Foto: iStock Ilustrasi korban bullying atau perundungan. Foto: iStock
Jakarta - Kasus perundungan Audrey mengundang simpati dari berbagai kalangan masyarakat. #JusticeforAudrey pun menggema di media sosial. Tiga pelaku yang masih duduk di bangku SMA sudah menjadi tersangka.

Tindakan yang dilakukan oleh pelaku termasuk tindakan bullying atau perundungan. Ada juga yang menyebutnya perisakan. Perundungan adalah suatu tindakan yang menyakiti orang, baik secara fisik, emosional, ataupun verbal.

"Intinya definisi bullying apapun yang menyakiti orang lain, dan orang itu merasa tidak nyaman," ujar Christina Tedja, M.Psi, psikolog klinis, Ciputra Medical Center kepada detikHealth, Rabu (10/4/2019).



Perundungan ini tersebar luas dan umum ditemukan pada anak-anak serta remaja. Perundungan anak tentunya akan menyebabkan efek psikologis dan sosial yang cukup kuat.

Korban perundungan cenderung untuk mengalami depresi, kecemasan, dan masalah dalam mengembangkan koneksi sosial yang sehat dalam waktu cukup lama. Selain itu, perundungan menyebabkan trauma cukup berat.

"Yang pasti trauma, apabila berlanjut bisa sembuh dalam waktu 2-3 bulan, atau 6 bulan, atau bisa saja entire of life," lanjut Tina, sapaan akrabnya.

Dalam pihak pelaku, menurut profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center, William Copeland, penyebab bullying bisa saja karena proses biologis yang dikaitkan dengan risiko penyakit kronis, seperti masalah jantung dan kanker, dikutip dari Time.



Video: Sederet Artis Kecam Kekerasan Terhadap Audrey

[Gambas:Video 20detik]

Banyak Disebut dalam Pengeroyokan Audrey, Apa Itu Perundungan?
(wdw/up)
News Feed