Sabtu, 13 Apr 2019 08:01 WIB

Apa Itu Gluten dan Bahayanya untuk Kondisi Kesehatan Tertentu

Firdaus Anwar - detikHealth
Sebetulnya apa itu gluten dan mengapa disebut tidak baik untuk beberapa orang? (Foto: iStock/Telegraph) Sebetulnya apa itu gluten dan mengapa disebut tidak baik untuk beberapa orang? (Foto: iStock/Telegraph)
Jakarta - Kalau kamu pernah mendengar tentang gluten, kemungkinan kamu tahu kalau ada orang-orang yang berusaha menghindarinya karena alasan kesehatan. Sebetulnya apa itu gluten dan mengapa disebut tidak baik untuk beberapa orang?

Dikutip dari Live Science gluten adalah protein yang biasanya ada di biji-bijian seperti gandum. Pada adonan roti misalnya kandungan gluten bisa memengaruhi seberapa besar adonan mengembang dan seberapa kenyal roti yang dihasilkan.



Nah terkait hal tersebut ada orang yang imun tubuhnya bereaksi terhadap gluten. Ketika sistem imun tubuh membuat kerusakan pada dinding usus akibat reaksi terhadap gluten, hal itu disebut penyakit celiac.

"Kerusakan pada dinding saluran cerna karena penyakit celiac ini dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi, anemia, masalah pencernaan, dan risiko penyakit lainnya," tulis ahli nutrisi Adda Bjarnadottir pada Medical News Today dan dikutip Jumat (12/4/2019).

Karena penyakit celiac adalah kondisi autoimun layaknya alergi, maka yang bisa dilakukan orang-orang adalah dengan menghindarinya. Diet bebas gluten ini sering disebut sebagai gluten free diet.

Hanya saja diingatkan bagi orang-orang yang ingin mencoba diet bebas gluten agar berhati-hati terhadap masalah kurangnya nutrisi vitamin dan mineral. Alasannya karena banyak olahan gandum yang dihindari kaya akan kandungan vitamin B, vitamin D, zat besi, dan serat.

"Makanan bebas gluten biasanya kurang diperkaya dengan asam folat, zat besi dan nutrisi lain dari pada makanan biasa yang mengandung gluten," dr Robert Shmerling pada Harvard Health Publishing.



Simak Juga 'Tips Memasak Makanan Sehat dan Bergizi':
Apa Itu Gluten dan Bahayanya untuk Kondisi Kesehatan Tertentu
(fds/up)