Sabtu, 13 Apr 2019 10:44 WIB

Pulihkan Stamina Sehabis Berolahraga, Gimana Caranya?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sehabis olahraga biasanya tubuh akan merasa lemas karena kehabisan stamina dan kekurangan cairan tubuh. Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, hal ini karena saat olahraga tubuh membutuhkan energi dan mengeluarkan banyak cairan.

"Olahraga membutuhkan energi dan mengeluarkan cairan yang cukup banyak dari dalam tubuh sehingga fungsi-fungsi metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu dan tubuh menjadi kekurangan energi dan lemas. Untuk itu tubuh memerlukan energi baru dan cairan baru untuk mengganti yang hilang," ujarnya kepada detikHealth, Sabtu (13/4/2019).


Menurutnya, tubuh lemas karena berolahraga dapat mengganggu kesehatan akibat tidak tersedianya bahan baku metabolisme yang membuat organ-organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini pun tentu berbahaya jika dibiarkan.

Untuk mengatasi hal ini maka harus mengembalikan cairan tubuh sehabis berolahraga. Dilansir dari timesofindia, ada beberapa jenis makanan yang bisa mengembalikan stamina seperti yang mengandung karbohidrat komplek, vitamin C, protein, dan zat besi.

"Sebaiknya nutrisi untuk olahraga sudah dipersiapkan sebelum, selama, dan sesudah berolahraga. Hal ini meliputi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air sesuai anjuran," sambung dr. Helmin.


Selain itu, dianjurkan juga untuk mengonsumsi air kelapa karena mengandung air dan elektrolit alami sehingga akan cepat mengganti air dan elektrolit yang hilang untuk mengembalikan kondisi normal tubuh.

"Komponen tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, tubuh terbiasa bekerja pada kondisi tersebut. Saat olahraga terutama di ruang terbuka yang panas, kehilangan cairan bisa mencapai 1-2L per jam. Yang pasti selain cairan, elektrolit juga banyak terbuang. Kalau tidak diganti dengan segera akan mengganggu metabolisme," tambah dr. Helmin.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa, pilih Hydro Coco yang dibuat dari air kelapa asli. Hydro Coco juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh. (mul/ega)
News Feed