Sabtu, 13 Apr 2019 15:08 WIB

Bisa Deteksi Kelainan Bawaan, Berapa Biaya Tes DNA?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi DNA (Foto: Thinkstock) Ilustrasi DNA (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Jenis kelamin bayi yang lahir memang bisa menjadi kejutan yang menyenangkan bagi orang tuanya. Namun tak jarang ada orangtua yang kepo alias pengen tahu jenis kelamin anak sejak dinyatakan positif hamil.

Bagi orangtua yang ingin segera tahu gender anak yang akan lahir bisa mencoba Non Invasive Prenatal Testing (NIPT) yang memeriksa DNA bayi. Pemeriksaan bisa dilakukan pada usia kehamilan 10 minggu.

"Proses pengambilan sampel untuk NIPT mirip saat ibu mau cek darah. Dari sampel darah ibu kita memeriksa DNA bayi dengan akurasi 99 persen. Selain mengetahui jenis kelamin, manfaat utamanya adalah mengetahui risiko terkena gangguan yang ditularkan melalui pewarisan genetik," kata pakar tes DNA dr Dennis Jacobus, SpPK, Sabtu (13/4/2019).



Menurut dr Dennis, hasil NIPT bisa diketahui dalam 1-2 minggu usai pengambilan sampel. Tes yang minim luka ini memiliki risiko lebih kecil bagi kesehatan ibu, janin, dan kandungannya. Hasilnya kondisi kesehatan ibu dan calon buah hati bisa terjaga hingga Hari Perkiraan Lahir (HPL).

NIPT bisa diperoleh dengan kisaran harga 8 hingga belasan juta rupiah. Tes yang bersifat personalized ini sebaiknya didukui pre-konseling dengan ahli genetika untuk mengetahui riwayat kehamilan dan keluarga.

(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya