Minggu, 14 Apr 2019 15:15 WIB

Siapa yang Bertahan Hidup di Game of Thrones? Ada yang Bikin Prediksinya Loh

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Game of Thrones. Foto: Dok. HBO Game of Thrones. Foto: Dok. HBO
Jakarta - Siswa di Technical University of Munich (TUM) mengembangkan aplikasi yang menjelajahi web untuk mencari data tentang Game of Thrones, kemudian menghitung angka menggunakan seperangkat algoritma kecerdasan buatan yang mereka buat untuk memprediksi peluang bertahan hidup dari setiap karakter Game of Thrones.

Sebelumnya di tahun 2016 dan tepat sebelum penayangan season 6, siswa dari tempat yang sama menciptakan algoritma yang secara akurat memprediksi kebangkitan Jon Snow.

Algoritma yang dikembangkan sekarang memprediksi Daenerys Targaryen memiliki kemungkinan selamat sebanyak 99 persen. Sementara tangan kanannya, Tyrion Lannister, memiliki kemungkinan selamat yang juga luar biasa tinggi yaitu 97 persen. Lebih lanjut, Sansa Stark nampaknya akan tereleminasi pada season selanjutnya, kemungkinan untuk tersisih diprediksi sebesar 73 persen.

Dikutip dari website resmi TUM, tingkat kelangsungan hidup diperkirakan menggunakan analisis umur panjang. Analisis algoritma ini menggunakan teknik yang mirip dengan studi ilmiah yang meneliti efek perawatan dan komplikasi pada pasien kanker.


"Sementara tugas memprediksi peluang bertahan hidup untuk karakter Game of Thrones bergantung pada data yang diambil dari dunia fantasi, teknik kecerdasan buatan yang sama persis digunakan di dunia nyata dan mengalami dampak yang kuat pada kehidupan kita sehari-hari," ketua mentor, Dr Guy Yachdav memberikan komentar.

Semantara itu Profesor Burkhard Rost yang mengepalai Ketua Bioinformatika di fakultas Informatika TUM mengatakan kombinasi antara semangat dan pengajaran adalah cara yang brilian untuk menciptakan alat baru yang penting.

Video: Fakta-fakta ''Game of Thrones'' yang Perlu Kamu Ketahui

[Gambas:Video 20detik]



"Dalam pengajaran kami di TUM, kami menemukan cara yang menyenangkan untuk mengajar siswa bagaimana menggunakan teknologi ini dan mempersiapkan mereka untuk membangun hal besar berikutnya setelah mereka lulus."

Kira-kira karakter favorit kamu bakal bertahan hidup nggak sampai melawan Night King nanti?



(ask/up)
News Feed