Senin, 15 Apr 2019 14:15 WIB

5 Tips Agar Tak Mengantuk Sehabis Makan Siang

Ayunda Septiani - detikHealth
Kantuk menyerang sehabis makan siang (Foto: Shutterstock) Kantuk menyerang sehabis makan siang (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Semangat bekerja biasanya bisa menurun sehabis makan siang, biasanya karena mengantuk. Tidak seperti pagi hari, semakin siang, perasaan malas dan mengantuk datang bersamaan di waktu yang sama. Sehingga, bisa menurunkan kualitas kerja kamu di kantor.

Padahal, biasanya pekerjaan justru menumpuk dan menanti untuk dikerjakan setelah jam makan siang lho. Di tengah energi tubuh yang terus-terusan berkurang kamu tetap harus berkonsentrasi dan menuntaskan seluruh pekerjaan tersebut saat itu juga.



Tapi itu tidak menjadi masalah besar lho, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bersemangat meski sudah semakin sore. Dikutip dari Rearder's Digest, 5 tips ini bisa usir rasa malas bekerja di siang hari.

1. Berjalan ke luar kantor
Di sela waktu istirahat, setelah makan siang, sebaiknya berjalan-jalan sejenak di luar kantor. Kegiatan kecil ini akan membantu kamu menyegarkan pikiran agar lebih bersemangat saat harus kembali bekerja.

Lakukan hal yang bisa dilakukan yang membuat tetap aktif bergerak. Jika kamu hanya duduk-duduk setelah makan, kemungkinan kamu akan merasa ngantuk. Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah kamu, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan kamu menjadi lebih berenergi. Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingka lift mungkin dapat membantu.

2. Minum teh
Pastikan kamu memiliki waktu rutin untuk minum teh di sore hari. Hal ini merupakan langkah mudah untuk merehatkan pikiran dan mengembalikan fokus kerja di kantor. Tak hanya mudah, kegiatan ini tak menguras banyak waktu.

3. Bersihkan meja kerja
Meja kerja berantakan adalah tanda pikiran yang berantakan juga healty friend. Ingat, waktu yang dihabiskan mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat setiap hari adalah waktu tambahan.



Jika ingin semangat kerja tetap tinggi, coba sisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja. Bisa menghias meja kerja dengan gaya khas sendiri, misalnya dengan membawa boneka pajangan, tas makeup cadangan, bingkai foto anggota keluarga atau kekasih hati, atau mungkin poster idola kesayangan. Dengan begitu, hal ini bisa membuat diri kamu nyaman dan santai di kantor, layaknya di rumah sendiri.

4. Menelepon kerabat terdekat
Masih berada di kantor dengan tumpukan pekerjaan di sore hari akan membuat kamu jenuh dan bosan, kamu bisa mencoba menelfon pasangan, atau rekan kerja di tempat lain. Menghubungi orang terdekat walau hanya 5 menit akan terbukti dapat meningkatkan semangat kerja untuk menuntaskan semua tugas yang tersisa.

5. Peregangan
Meregangkan tangan dan punggung dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar di siang hari. Saat perasaan malas mulai malas dan jenuh, kamu bisa meregangkan tangan ke atas dan ke depan lalu menarik nafas panjang dan menghembuskannya pelan-pelan. Lakukan hal tersebut selama dua menit, ini akan membuat kamu relaksasi dan lebih tenang.

Punya tips lain? Share di komentar ya.



5 Tips Agar Tak Mengantuk Sehabis Makan Siang
(up/up)