Senin, 15 Apr 2019 20:25 WIB

Sepatu Basah Kehujanan? Lakukan Ini Agar Tak Bau Kaki

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi sepatu basah karena kehujanan. Foto: iStock Ilustrasi sepatu basah karena kehujanan. Foto: iStock
Jakarta - Saat menuju ke kantor, mungkin dalam perjalanan kita bisa saja terkena hujan tiba-tiba. Sehingga membuat sepatu basah dan pasti akan menjadi bau pastinya. Bau kaki sebenarnya bukan masalah medis yang serius, tapi ini dapat memengaruhi kehidupan kamu dan juga orang lain di sekelilingnya. Bau kaki juga sering membuat menjadi kurang percaya diri.

Permukaan kaki yang lembab akibat hujan menjadi pemicu perkembangbiakan bakteri dan kuman penyebab bau kaki. Dikutip dari beberapa sumber, beberapa hal di bawah ini bisa bantu cegah kaki agar tidak bau sehabis hujan.


Buah lemon.Buah lemon. Foto: iStock


1. Lemon

Lemon tidak hanya bermanfaat untuk perawatan kecantikan saja, tapi juga sebagai obat herbal yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain ke dua manfaat tersebut, lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh karena terdapat kandungan anti-bakterial yang dapat membasmi bakteri penyebab bau pada kaki kamu.

Caranya mudah, kamu hanya perlu memeras 6 buah lemon. Kemudian campurkan dengan 1 baskom air hangat. Rendam kaki selama 10-15 menit agar bakteri penyebab bau kaki mati.

Baking soda.Baking soda. Foto: Istimewa

2. Baking soda

Baking soda sudah terbukti untuk menghilangkan bakteri. Selain itu, sering digunakan oleh banyak orang sebagai perawatan kecantikan dan lainnya. Oleh karena itu, baking soda mampu untuk basmi bakteri penyebab bau kaki.

Caranya adalah dengan mencampurkan gelas baking soda dengan air 1 baskom. Tunggu hingga baking soda sendiri larut. Kemudian rendam kaki 5 menit. Setelah selesai bilas dengan handuk bersih ya.


3. Obat kumur

Sedikit terdengar aneh jika obat kumur yang digunakan berkumur menggunakan mulut, tapi digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki. Hal ini karena obat kumur dipercaya untuk membasmi bakteri.

Oleh karena itu obat kumur berguna juga sebagai cara menghilangkan bau kaki lho. Caranya, kamu cukup dengan mencampurkan botol obat kumur kemasan 250 ml dengan 1 baskom air. Kemudian rendam kaki selama 15 menit ya detikers.

Sabun anti bakteri.Sabun anti bakteri. Foto: iStock

4. Sabun anti bakteri

Sesuai dengan namanya, sabun anti-bakteri bisa digunakan untuk membasmi bakteri penyebab masalah kesehatan pada tubuh seperti bau kaki. Kamu perlu rajin membersihkan kaki menggunakan sabun anti-bakteri setiap hari dua kali sehari. Bersihkanlah dengan cara yang benar hingga ke sela-sela jari kaki kamu.


5. Sabun mint

Mint, seperti yang sudah kita tahu merupakan bahan yang lazim digunakan untuk menyegarkan mulut. Memang tidak biasa jika digunakan pada kaki. Namun nyatanya dengan rutin mencuci kaki dengan sabun mint, maka bau kaki akan hilang dengan sendirinya lho.

Kopi.Kopi. Foto: Istimewa

6. Kopi

Kopi memang biasa dikonsumsi untuk minuman penghilang kantuk. Tapi tidak hanya itu saja, kopi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang efektif juga lho healthy friend. Caranya adalah dengan mencampur kopi dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk pasta kemudian balurkan saja pada kaki. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Teh.Teh. Foto: Istimewa

7. Teh

Teh memang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai minuman dengan banyak macam dan khasiatnya. Zat-zat yang terkandung dalam teh bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Oleh karena itu teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang efektif. Caranya adalah dengan membasuh kaki yang telah diseduh dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari.

Lepas sepatu dan kaos kaki, lalu keringkan dengan baik.Lepas sepatu dan kaos kaki, lalu keringkan dengan baik. Foto: thinkstock


8. Keringkan sepatu dan kaus kaki

Cara ini menjadi salah satu cara yang paling jitu saat kaki kamu bau karena lembabnya sepatu. Oleh karena itu, jika sudah terasa lembab, cobalah untuk mejemur atau mengeringkan terlebih dahulu. Agar nanti jika dipakai kembali, kaki tidak bau lagi.




(up/up)