Senin, 15 Apr 2019 21:52 WIB

Cinta Penelope Divonis Kanker Stadium 3, Apa Maksudnya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Cinta Penelope. Foto: Noel/detikFoto Cinta Penelope. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Aktris Cinta Penelope dikabarkan mengidap kanker stadium 3. Hal itu diungkapkan olehnya saat merilis buku pertamanya yang berjudul 'Sebelum Titik'. Buku itu pun jadi ungkapan Cinta untuk berdakwah dalam hijrahnya saat dia melawan sakit.

"Pada saat saya dinyatakan kanker stadium 3, jadi saya ingin ada keinginan bisa berdakwah lewat buku dengan hijrah saya seperti ini, kalo misalnya umur saya sampai, InsyaAllah saya bisa sehat dari melawan sakit kanker saya," kata Cinta Penelope, ditemui di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dikutip dari detikcom, Senin (15/4/2019).

Stadium digunakan untuk menentukan di mana kanker terletak, apakah sudah menyebar atau tidak, atau mempengaruhi bagian lain di dalam tubuh. Dokter bisa juga menggunakan stadium untuk menentukan pengobatan apa yang akan diterima si pasien. Pada umumnya, stadium dimulai dari 0 hingga 4.


Pada stadium 3, biasanya tumor kanker telah membesar. Umumnya juga sudah terjadi metastase atau penyebaran ke jaringan sekitar dan sel-sel kanker baru mulai bertumbuh di kelenjar limfe terdekat. Misalnya pada pasien kanker payudara bermetastase ke kelenjar limfe terdekat yang berada di ketiak.

Stadium kanker tidak berubah seiring waktu. Jika kanker mengalami kekambuhan atau menyebar di bagian lain di tubuh, maka informasi terbaru soal ukuran dan penyebaran kanker ditambahkan ke stadium aslinya, dikutip dari cancer.net.

Belum jelas kanker apa yang diidap oleh Cinta namun ia menyebut bahwa ia mensyukuri keadaannya kini dan tidak perlu bersedih. Ia masih terus menyemangati dirinya sendiri agar terus kuat menjalani hidup. Apalagi sakitnya kali ini dianggap Cinta adalah sebagai peluntur dosa yang lalu-lalu juga sekaligus rezeki yang diberikan Tuhan.

(frp/fds)