Selasa, 16 Apr 2019 10:45 WIB

Bebe Rexha Ungkap Dirinya Terdiagnosis Bipolar, Kenali Tipe-tipenya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pengakuan Bebe Rexha bipolar buat fans terkejut. Foto: Instagram/@beberexha Pengakuan Bebe Rexha bipolar buat fans terkejut. Foto: Instagram/@beberexha
Jakarta - Akhirnya, Bebe Rexha mengungkap mengenai masalah kesehatan mental yang ia alami. Penyanyi berusia 29 tahun ini mengaku bahwa ia baru-baru ini terdiagnosis bipolar disorder melalui serangkaian cuitan di akun Twitter milikinya.

"Untuk waktu yang lama, aku tidak menyadari mengapa aku merasa sangat sakit. Mengapa aku merasa lirih yang membuat aku tidak mau meninggalkan rumahku atau berada di sekitaran orang dan mengapa aku merasa 'high' sampai tidak bisa tidur, tidak membiarkanku bekerja atau menciptakan music, sekarang aku tahu kenapa," tulisnya.

Ia melanjutkan pada tweet selanjutnya sesuatu yang membuat para fansnya terkejut dan memberikan dukungan padanya.


"Aku bipolar dan aku nggak malu lagi. Sudah gitu aja. (Nangis kejer)."

Pada cuitan selanjutnya Bebe Rexha menuliskan bahwa album selanjutnya akan menjadi album favoritnya karena ia tidak perlu menyimpan apapun. Ia pun mengatakan tidak ingin dikasihani dan meminta para fansnya untuk menerimanya apa adanya.

"Aku tidak ingin kalian merasa kasihan padaku," cuitnya lagi, "aku hanya ingin kalian menerimaku. Itu saja. Aku cinta kalian."


Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem. Beberapa waktu lalu, dr Engelbertha, SpKJ dari RS Dharmawangsa Jakarta Selatan menjelaskan bipolar dikenal dengan dua tipe yaitu tipe satu dan tipe dua.

Seseorang dikatakan memiliki bipolar tipe satu jika manianya tidak terkontrol. Setidaknya terjadi satu kejadian kegembiraan berlebihan atau mania.

Bipolar tipe dua, kegembiraan berlebihannya sedikit, yang mana ini disebut hipomania. Pada saat depresi sama-sama merasa tidak nyaman dan sesekali merasa ingin mati. Seseorang baru bisa dikatakan memiliki bipolar tipe dua jika setidaknya ada satu kejadian hipomania dan setidaknya satu kejadian kesedihan berlebihan.

"Ada juga siklotimik, naiknya sedikit, turunnya juga sedikit. Biasanya kalau sedang turun, didekap bisa membuatnya langsung nyaman. Yang bipolar satu biasanya dirawat karena sering nggak terkontrol," ujar dr Engelbertha.


Bebe Rexha Ungkap Dirinya Terdiagnosis Bipolar, Kenali Tipe-tipenya
(ask/up)